fbpx

Driver Gojek Akan Mogok

Driver Gojek Akan Mogok

Sempat naik pada 1 Mei 2019, aplikator Go-Jek memutuskan mengembalikan tarif seperti semula dan ini menyebabkan driver gojek akan mogok besok.

Tarif Normal Kembali, Driver Gojek Akan Mogok

Konten.co.id – Sempat naik pada 1 Mei 2019, aplikator Gojek memutuskan mengembalikan tarif seperti semula. Keputusan ini mengundang reaksi driver GoJek. Rencananya, sopir ojek online ini akan melakukan aksi mogok narik pada Senin (06/05/2019).

Rencana mogok narik driver Gojek ini viral di akun Instagram @dramaojol.id. Rencana itu dibenarkan Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono, Minggu (05/05/2019).

Igun mengatakan, dengan tarif seperti semula artinya tarif ojek online turun dari tarif yang diatur pemerintah. Driver ojek online mengaku merasa dipermainkan.

“Tanggal 1 Mei tarif baru mulai berlaku, namun tanggal 4 Mei tarif ojol diturunkan kembali. Mungkin akan ada aksi massa ke aplikator maupun Kemenhub karena Kepmenhub Nomor 348/2019 tentang tarif ojol yang dibuat seperti permainkan driver,” kata Igun.

Menurutnya, dalam ketentuan pemerintah, tarif akan dievaluasi setiap 3 bulan. Driver ojek online berencana melakukan aksi serentak di seluruh Indonesia. “Aksi tanggal 6 Mei 2019. Serentak se-Indonesia rencananya,” ujarnya.

Pengumuman yang viral itu ditujukan pada driver Jabodetabek. Dijelaskan, setelah melakukan uji coba penyesuaian tarif yang berlaku sejak 1 Mei 2019 dan memonitor respons kondisi pasar, Gojek perlu menimbang kembali Pedoman Biaya Jasa Ojek Online dari pemerintah demi memastikan keberlangsungan layanan Go-Ride untuk seluruh mitra ke depannya.

Selanjutnya, dalam keterangan itu disebutkan, mulai 4 Mei 2019 tarif Go-Ride (sebelum potongan) akan kembali seperti semula. Di mana, tarif dasar 0-9 kilometer (km) Rp1.900/km dan setelah 9 km dipatok Rp3.000/km. Tarif minimumnya ialah Rp 9.000/order.

Igun mengatakan, aplikator memotong biaya jasa sebesar 20 persen. Dengan demikian, driver hanya menerima sebesar Rp1.500 hingga Rp1.600/km. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video