fbpx

Defisit Neraca Perdagangan Indonesia Terburuk Sejak 2008

Defisit Neraca Perdagangan Indonesia Terburuk Sejak 2008

BPS mencatat defisit neraca perdagangan April 2019 sebesar US$ 2,6 miliar yang merupakan defisit terbesar sejak 2008.

Defisit Neraca Perdagangan Indonesia US$ 2,6 Miliar, Terburuk Sejak 2008

Konten.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah harus mewaspadai melebarnya defisit neraca perdagangan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat defisit neraca perdagangan April 2019 sebesar US$ 2,6 miliar yang merupakan defisit terbesar sejak 2008.

BPS mencatat nilai ekspor menurun menjadi US$ 12,59 miliar atau 13 persen secara tahunan. Hal ini dengan anjloknya komoditas utama Indonesia yaitu migas sebesar US$ 0,74 miliar dan non migas US$ 11,85 miliar.

“Kalau kita lihat komposisinya ini harus kita perhatikan beberapa faktor. Ini lantaran ekspor yang mengalami pelemahan, kita juga harus waspada,” katanya, Kamis (16/5/2019).

“Yang kedua dari impornya yang menggunakan modal kita harus antisipasi terhadap industri yang menggunakan itu,” tambahnya.

Ekonom Indef Bhima Yudistira menilai kinerja ekspor April 2019 gagal. Terlebih dengan angkanya yang merosot tajam di beberapa ekspor di beberapa negara utama seperti Amerika dan Tiongkok. Oleh karena itu pemerintah harus mengantisipasinya.

“Pemerintah harus mengambil langkah antisipasi kita harus move ke pasar alternatif. Yang kedua negosiasi perdagangan harus dioptimalkan, yang ketiga adalah meningkatkan daya saing dan produktivitas manufaktur kita sehingga nilai ekspor kita bisa punya daya saing tinggi dan tidak terlalu fluktuatif karena perubahan harga komoditas,” terangnya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video