Chelsea Masuk final Liga Europa

Chelsea Masuk final Liga Europa

Chelsea memastikan diri melaju ke partai final Liga Europa setelah mengalahkan Eintrach Frankfurt di babak penalti dengan skor 4-3

Menang Adu Penalti, Chelsea Sambut Final Liga Europa

Konten.co.id – Chelsea memastikan diri melaju ke partai final Liga Europa musim ini usai menyingkirkan Eintracht Frankfurt lewat drama adu penalti dalam laga semifinal leg kedua yang dihelat di Stamford Bridge, Jumat (10/5) dini hari WIB.

Dilansir dari bola.net, Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan perpanjangan waktu. Chelsea unggul lebih dulu berkat gol Ruben Loftus-Cheek di babak pertama sebelum disamakan Luka Jovic di paruh kedua pertandingan.

Di babak adu penalt, Kepa Arrizabalaga menjadi pahlawan kemenangan Chelsea dengan menggagalkan dua eksekusi penalti Frankfurt. Eden Hazard yang menjadi eksekutor terakhir muncul sebagai penentu kemenangan The Blues.

Kesuksesan ini membuat Chelsea memastikan partai final sesama tim Inggris dengan menantang tim London lainnya, Arsenal dalam partai puncak yang bakal digelar di Baku, Azerbaijan pada 30 Mei mendatang.

Bermain di depan pendukung sendiri, Chelsea mencoba mendominasi sejak menit pertama. Namun pasukan Maurizio Sarri masih belum mampu membongkar pertahanan Frankfurt.

Frankfurt mencoba mengancam tuan rumah. Usai tendangan bebas Filip Kostic masih membentur pagar hidup, giliran peluang Danny da Costa yang masih mampu dimentahkan Kepa Arrizabalaga.

Chelsea akhirnya sukses memipin berkat gol Loftus-Cheek di menit ke-28. Menerima umpan terobosan Eden Hazard, Loftus-Cheek dengan tenang mengarahkan bola ke tiang jauh untuk menaklukkan Kevin Trapp.

Tuan rumah memperoleh beberapa peluang untuk menambah keunggulan, tapi tak ada yang berhasil. Skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Frankfurt berusaha lebih berani keluar menyerang. Hasilnya, Jovic sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat golnya di menit ke-49.

Bekerjasama dengan Mijat Gacinovic, Jovic dengan tenang menguasai bola tanpa pengawalan berarti dari pertahanan Chelsea. Striker haus gol itu pun berhasil mengoyak jala Kepa.

Situasi ini membuat Sarri melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Willian dan memasukkan Pedro Rodriguez. Frankfurt merespon dengan memainkan Jonathan de Guzman untuk menggantikan Sebastian Rode.

Baik Chelsea maupun Frankfurt sama-sama tampil ofensif dan mendapat beberapa peluang berbahaya, akan tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi. Laga pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Keputusan Adi Hutter untuk menurunkan Sebastien Haller jelang babak kedua usai membuat serangan Frankfurt makin berbahaya di babak extra time. Haller pun memiliki peluang emas untuk membalikkan keadaan di menit ke-100. Sayang sundulannya masih bisa dihalau oleh David Luiz tepat sebelum melewati garis gawang.

Jelang extra time pertama usai, Haller lagi-lagi membahayakan gawang Kepa. Menerima sepak pojok, sundulan Haller kali ini berhasil dimentahkan Davide Zappacosta. Situasi berubah di paruh kedua, Chelsea lebih mendominasi serangan. Emerson hampir saja membuat publik tuan rumah bersorak, sayang usahanya masih bisa digagalkan Trapp.

Trapp lagi-lagi menjadi penyelamat Frankfurt dari kebobolan. Kiper internasional Jerman itu kali ini berhasil menghalau tembakan keras yang dilepas Zappacosta. Memasuki menit ke-166, Chelsea sempat mencetak gol lewat sang kapten, Cesar Azpilicueta. Namun gol ini dianulir wasit Ovidiu Hategan karena Azpilicueta dianggap mengganggu Trapp yang tengah menguasai bola.

Skor imbang 1-1 tetap tak berubah hingga extra time paruh kedua usai. Pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat babak adu penalti. Di babak ini, Chelsea sempat berada dalam tekanan ketika eksekusi Azpilicueta gagal menjadi gol. Namun keadaan berbalik setelah Kepa menggagalkan dua eksekusi Frankfurt. Hazard yang menjadi eksekutor terakhir muncul sebagai penentu kemenangan tuan rumah.

Susunan pemain :
Chelsea: Kepa; Azpilicueta, Christensen (Zappacosta 74′), David Luiz, Emerson; Kovacic, Jorginho, Loftus-Cheek (Barkley 86′); Willian (Pedro 62′), Giroud (Higuain 96′), Hazard.
Eintracht Frankfurt: Trapp; Abraham, Hinteregger, Falette; Da Costa, Rode (De Guzman 70′), Hasebe, Kostic; Gacinovic (Paciencia 118′), Rebic (Haller 90′), Jovic. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *