fbpx

Buang Sampah Sembarangan di Aceh Didenda Rp 10 Juta

Buang Sampah Sembarangan di Aceh Didenda Rp 10 Juta

Untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, Pemkot Banda Aceh keluarkan peraturan membuang sampah sembarangan didenda Rp 10 juta.

Perda Aceh, Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp 10 Juta

Konten.co.id – Sampah menjadi masalah besar di Indonesia. Bahkan Indonesia kini menempatkan diri sebagai penyumbang sampah terbesar nomor dua di Dunia.

Untuk mencegah hal tersebut berbagai upaya dilakukan. Salah satunya di Banda Aceh. Pemerintah Kota Banda Aceh memberlakukan sanksi denda sebesar Rp10 juta bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Hal ini sesuai qanun (peraturan daerah) Nomor 1 tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah. Aturan itu melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Bagi yang melanggar bakal dikenakan denda uang tunai atau sanksi pidana kurungan penjara.

Qanun tersebut terbagi atas dua poin. Pertama larangan membuang sampah tidak pada tempatnya, dan kedua membakar sampah yang tidak sesuai.

Dalam aturan pertama, bagi setiap orang atau lembaga dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah disediakan, termasuk sampah dari kendaraan. Bagi warga yang melanggar aturan ini akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimum sebesar Rp 10 juta.

Lalu di bagian kedua disebutkan, warga dilarang membuang sampah spesifik ke TPA dan media lingkungan lainnya. Warga juga dilarang mendatangkan sampah dari luar kota, membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis pengelolaan sampah, mencampur sampah spesifik dengan sampah rumah tangga dengan sampah spesifik mulai dari sumbernya hingga ke TPA, dan memperjual belikan kantong plastik dari jenis yang tidak ramah lingkungan.

Setiap warga yang melanggar aturan tersebut akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda maksimum sebesar Rp 50 juta.

Jalaludin kepala DLHK3 Banda Aceh mengakui pihaknya tidak ingin ada denda besar. Serta ingin ada kesadaran dari masyarakat terkait buang sampah pada tempatnya.

“Karena masyarakat masih belum bisa sadar akhirnya kami putuskan untuk memberi denda maksimal 10 juta dan sanksi hukuman penjara. Hukuman ini kalau tidak mau bayar denda Rp 10 juta,” katanya, Sabtu (11/5/2019).

Ia mengakui banyaknya masyarakat yang belum sadar akan pentingnya buang sampah sembarangan. Maka dari itu perlu diberikan peringatan baik berupa sanksi kurungan atau denda. “Lambat laun orang jadi berpikir akan takut didenda dan bencana jika membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Diharapkan dengan denda tersebut membuat masyarakat Aceh lebih sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video