40 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

40 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Sebanyak 40 pemimpin negara dan tiga organisasi internasional memberikan selamat kepada capres Joko Widodo (Jokowi) yang mempertahankan posisinya sebagai presiden Indonesia tahun ini.

Kembali Terpilih, 40 Kepala Negara Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Konten.co.id – Sebanyak 40 pemimpin negara dan tiga organisasi internasional memberikan selamat kepada capres Joko Widodo (Jokowi) yang mempertahankan posisinya sebagai presiden Indonesia tahun ini.

“Pertama, mereka sangat mengapresiasi pelaksanaan pemilu Indonesia. Makanya kalau dilihat, begitu pelaksanaan pemilu pun sudah beberapa atau sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan sudah menelepon presiden atau kemudian di dalam Twitter yang mengapresiasi pelaksanaan pemilu yang dinilai dilakukan secara demokratis, transparan,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Senin (27/5/2019).

“Kemudian, pada saat pengumuman dilakukan, sejumlah lagi kepala negara menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak Presiden,” kata Retno.

Para pemimpin dunia, sambungnya, pun angkat suara mengenai aksi demo besar-besaran yang digelar pada 22 Mei 2019 lalu. Lantas, apa kata sejumlah pemimpin negara menanggapi aksi tersebut?

“Mereka menyebutnya sebagai riot (kerusuhan) Kalau diikutin di media, disebut sebagai riot. Tentunya tidak ada satu orang pun gembira apabila jatuh korban. Itu sudah pasti. Tapi dunia internasional melihat situasi ini so far masih pas,” jelasnya.

Banyak cara yang digunakan sejumlah pimpinan negara untuk memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Presiden Jokowi.

Mulai dari ucapan melalui telepon langsung kepada Jokowi, melalui akun Twitter pribadi, hingga surat fisik yang disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri.

“Dengan adanya teknologi, semakin bervariasi. Kalau dulu hanya melalui saluran diplomatik, tapi dengan teknologi sekarang tidak menghilangkan tradisi cara saluran diplomatik,” tukasnya.

Berdasarkan catatan, ada setidaknya tiga orang pemimpin negara yang menyampaikan selamat kepada Jokowi melaui akun Twitter pribadinya masing-masing.

Mereka di antaranya adalah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

“Yang terakhir telepon Bapak (Jokowi) adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Tadi juga melaporkan ke Bapak, Presiden Timor Leste juga ingin melakukan pembicaraan dengan presiden untuk mengucapkan selamat,” tandasnya. (*)

Penulis: Hastama
Editor: Ibrahim

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *