Yuk Coba Nasi Ulam Ciri Khas Betawi

Yuk Coba Nasi Ulam Ciri Khas Betawi

Makanan khas Jakarta tidak terlepas dari budaya Betawi. Banyak pengaruh negara lain dalam makanan yang diolah warga Betawi.

Ini Lima Makanan Khas Jakarta

Konten.co.id – Siapa bilang ibukota Jakarta miskin kuliner khas Guys? Sejarah warga betawi di Jakarta yang begitu dinamis memengaruhi warisan kulinernya. Makanan Khas Jakarta dipengaruhi oleh budaya China, Eropa, dan Arab.

Citarasa gurih dan sedap merupakan ciri khas khas makanan Jakarta yang dikembangkan warga Betawi. Namun, seiring perkembangan pesat kota metropolitan yang sekaligus ibukota negara Indonesia ini, makanan khas Jakarta sudah banyak yang langka bahkan nyaris punah.

Oleh karena itu, penting sekali untuk melestarikan warisan kuliner nenek moyang. Nah food lovers, berikut Konten.co.id kasih informasi lima makanan khas Jakarta yang patut anda coba.

1.Kerak Telor

Kerak telor merupakan makanan khas Jakarta yang sangat terkenal terutama pada saat acara Pekan Raya Jakarta (PRJ). Kerak telor hampir mirip dengan martabak, perbedaanya terletak pada isi dan cara membuatnya.

Isi kerak telor adalah ketan dan ubi. Cara memasak kerak telor, yaitu dengan dipanaskan di atas tungku arang.

2. Nasi Ulam

Nasi ulam merupakan makanan khas Betawi yang juga mendapat pengaruh dari budaya kuliner Cina. Nasi ulam biasanya memakai nasi pera yang disiram dengan semur kentang, semur tahu atau semur telur.

Nasi ulam juga ditambah dengan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang. 

Nasi ulam bertambah nikmat dengan tambahan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk.

3. Gado-Gado

Gado-gado merupakan salah satu kuliner kebanggan Indonesia. Orang asing menyebut gado-gado dengan sebutan ‘seladanya orang Indonesia’. Gado-gado berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk dan bawang goreng.

Gado-gado bisa disantap pada saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Di Jakarta, banyak sekali penjual gado-gado.

3. Ketoprak

Ketoprak terbuat dari ketupat atau lontong yang berisi bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi dengan rasa yang lezat ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang.

Ketoprak juga ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini termasuk makanan berat yang agak ‘ringan’.

4. Soto Betawi

Soto Betawi berkuah santan dengan isi daging sapi, tomat, dan kentang. Rasa soto betawi ini sangat lezat dan gurih. Daging soto betawi terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih.

Makanan sepinggan khas betawi ini sangat cocok disantap dengan nasi putih sebagai makan siang.

5. Tauge Goreng

Tauge goreng biasanya selalu ada dalam acara pernikahan dengan adat Betawi. Makanan ini terbuat dari tauge yang diberi saus tauco dengan campuran oncom. Meskipun disajikan tanpa menggunakan nasi, tauge goreng ini bisa membuat perut kita kenyang sebab terdapat mi basah, tahu serta lontong dalam setiap penyajiannya.(AI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *