fbpx

Warga Luwuk Sulteng Berhamburan ke Gunung Pascagempa 6,9 M

Warga Luwuk Sulteng Berhamburan ke Gunung Pascagempa 6,9 M

BMKG mencabut peringatan tsunami di Sulawesi Tengah. Meski begitu, warga di Sulawesi Tengah masih panik dan memilih bertahan di atas gunung.

Usai Gempa 6,9 M Warga Luwuk Berlarian ke Gunung

Konten.co.id (Sulteng) – Kepanikan terjadi di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pascagempa yang terjadi di wilayah tersebut. Warga yang berada di tepi pantai berhamburan ke lokasi lebih tinggi karena BMKG mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa melanda luwuk sebanyak dua kali. Pertama pukul 18.40 WIB dengan kekuatan 6,9 magnitudo dan berpotensi tsunami. Sedangkan gempa kedua terjadi pukul 19.03 dengan kekuatan 5 magnitudo.

Salah seorang petugas SAR mengabadikan momen paniknya warga di Luwuk. Ia pun menyebut jika gempa sangat terasa kencang dan cukup lama.

“Kami merasakan gempa sangat kencang dan terasa lama. warga yang ada di pinggiran pantai berlari ke lokasi lebih tinggi,” ucap petugas tersebut.

Ia pun sempat menanyakan kondisi air laut yang cukup dekat dengan permukiman warga.

“Airnya gimana bu?” tanya petugas SAR.

“Surut-surut,” ujar salah seorang ibu sambil berlari membawa anaknya.

Banyak warga pergi menggunakan sepeda motor karena melihat air laut sudah surut. Selain itu sejumlah warga juga berjalan kaki menuju lokasi lebih tinggi.

Sayup terdengar sejumlah warga menangis dan menyebut kata-kata air laut. Surutnya air laut sering jadi pertanda jika akan terjadi tsunami.

BMKG sudah mencabut peringatan tsunami untuk wilayah Sulawesi Tengah. Meski begitu, warga masih panik dan memilih untuk bertahan di gunung karena khawatir tsunami terjadi.(FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *