fbpx

VW, BMW, dan Daimler Bersekutu Batasi Teknologi Emisi

VW, BMW, dan Daimler Bersekutu Batasi Teknologi Emisi

Perusahaan otomotif raksasa VW, BMW, dan Daimler dituduh Uni Eropa lakukan kecurangan. Emisi gas buang dari mobil yang dibuat tiga perusahaan itu dinilai tak sesuai standar di Eropa.

Tiga Perusahaan Otomotif Dunia Diduga Lakukan Kecurangan Soal Emisi Gas Buang

Konten.co.id – BMW, Daimler, dan Volkswagen (VW) diduga bersekutu untuk membatasi pengembangan teknologi pembersihan emisi di mobil. Jika dugaan tersebut benar, perusahaan tersebut harus membayar denda miliaran euro.

Dilansir dari Daily Mail, regulator anti monopoli Uni Eropa (UE) mengatakan pada hari Jumat (5/4/2019) bahwa setelah penyelidikan yang mendalam mereka menemukan perusahaan melanggar hukum UE dari tahun 2006-2014. Secara ilegal bersekutu untuk membatasi peluncuran teknologi emisi gas terbaru, yang membantu membersihkan polusi gas buang dari mobil diesel dan bensin.

Dalam skandal emisi terbaru yang menghantam industri otomotif, Komisi Eropa telah mengirim pernyataan keberatan kepada ketiga perusahaan tersebut.

Tiga perusahaan tersebut mengatakan akan memeriksa pernyataan keberatan tersebut dan akan bekerja sama dengan para penyelidik.

UE yang berusaha untuk mengatasi perubahan iklim, tentu saja menganggap emisi dari mobil adalah isu besar karena menyebabkan kualitas yang buruk di Eropa yang diduga dapat menyebabkan kematian setiap tahunnya.

Otoritas UE menggerebek ketiga perusahaan tersebut pada Oktober 2017 dan membuka penyelidikan pada bulan September tahun lalu. Sebelumnya, pada tahun 2015 VW telah mengakui bahwa mereka bertindak curang dalam tes emisi mobil. Biaya denda yang harus dibayar dapat mencapai 10 persen dari omset global perusahaan. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video