TNI Harus Netral

TNI Harus Netral

Sebagai bagian dari aparat TNI harus netral dan bisa jaga sinergitas

TNI Harus Netral, Pangdam XII/Tpr: Lapor Kalau TNI Memihak

Konten.co.id – Kepala Staf Angkutan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meminta TNI terutama untuk menjaga netralitas pada Pemilu 2019.Hal ini diungkapkannya saat HUT 73 TNI AU di halaman Lanud El Tari, Kupang, NTT, Rabu (10/4/2019).

“Selama pesta demokrasi saya harap seluruh personel dapat menjaga solidaritas dan sinergitas. Baik internal TNI AU, antar angkatan dan lembaga pemerintah,” ucapnya.

 Ia pun meminta agar seluruh personel TNI AU memegangteguh komitmen netralitas dalam gelaran Pemilu 2019. “Tingkatkan kewaspadaan dan hati- hati dalam berprilaku di lingkungan masyarakat. Jangan mudah terprovokasi dan melakuka hal yang bisa mencoreng nama baik TNI AU,” kata dia.

Hal senada diungkapkan Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab, saat melaksanakan silaturahmi dengan Pemerintah daerah, DPRD, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya serta pada pengarahan kepada prajurit Kodim 1013/Muara Teweh di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Jumat (5/3/2019).

Ia meminta seluruh anggota TNI untuk netral pada Pilpres 2019. Jika masih ada yang membela satu kubu maka akan ditindak tegas.

“Kalau ada oknum-oknum Prajurit yang mungkin dicurigai tidak netral agar dilaporkan kepada kami,” tegasnya dilasnir tniad.mil.id.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab mengingatkan agar TNI bisa netral. Selain sebagai aparat, tugas TNI adalah menjaga sinergitas dan keamanan pada Pemilu 2019

Terkait pemilu 2019, Kodam XII/Tpr mendukung penuh suksesnya pesta demokrasi tersebut, dalam hal ini Kodam XII/Tpr telah menyiapkan sebanyak 7900 personel untuk membantu Kepolisian, Pemda serta KPU dalam pelaksanaan pilpres dan pileg di wilayah Kalbar dan Kalteng.

“Oleh sebab itu, apabila KPU mendapat hambatan nanti silahkan diajukan lewat kepolisian atau pemda nanti mereka yang akan minta kepada kami, TNI selalu siap membantu,” ucap Mayjen TNI Herman Asaribab.

Ia pun kembali menegaskan kepada prajurit untuk menjaga netralitas TNI. Diharapkannya tidak ada prajurit yang mencederai komitmen TNI untuk bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu 2019.

 Ia pun menegskan bahwa jika terdapat prajurit di jajarannya yang tidak netral pada Pilpres 2019 agar dilaporkan dan akan ditindak tegas. “Kami harap prajurit tidak mencederai komitmen TNI untuk bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu 2019,” kata dia. (AI)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan