Tips Sekolah Kedinasan, Jangan Salah Langkah Saat Daftar

Tips Sekolah Kedinasan, Jangan Salah Langkah Saat Daftar

Mendaftar sekolah kedinasan gampang-gampang susah. Ikuti sejumlah tips dan trik berikut agar tak salah saat mendaftar.

Mau Daftar Sekolah Kedinasan? Ini Tips dan Triknya

Konten.co.id – Sejak 9 April 2019, sejumlah sekolah kedinasan mulai membuka pendaftaran. Hingga 30 April, lulusan SMA/SMK mempunyai kesempatan untuk ikut seleksi sekolah kedinasan.

Selain mempersiapkan berkas, calon peserta seleksi juga harus memerhatikan beberapa hal. Konten.co.id rangkum sejumlah tips untuk sukses masuk sekolah kedinasan.

1. Siapkan berkas dengan lengkap dan tepat

Tahapan seleksi administasi adalah tahapan awal sekolah kedinasan untuk menyortir calon siswa-siswi dan taruna-taruni yang layak maju ke proses selanjutnya. 

Pastikan segala dokumen, seperti rapor, KTP, akta kelahiran, surat rekomendasi, kartu keluarga, dan data-data lainnya lengkap dan sudah diperbanyak dan dilegalisasi.

2. Belajar contoh soal

Setelah lolos administrasi, peserta akan melewati sejumlah tes tertulis, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB), dan psikotes, serta tes wawancara.

Untuk itu, pelajari tipe-tipe soal dan bentuk soal yang akan diujikan. Berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat karena saat tes nanti waktu yang diberikan sangat terbatas.

3. Kuasai kemampuan bahasa dan keterampilan

Kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan komputer merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini juga menjadi salah satu tahapan penting yang menentukan calon siswa dan taruna untuk lolos ke tahapan berikutnya.

4. Siapkan mental

Kondisi mental yang baik sangat mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan setiap tahapn seleksi tes masuk sekolah kedinasan.

Jangan terlalu stres ketika akan menghadapi ujian. Tidur yang cukup dan mengonsumsi vitamin sebelum menghadapi setiap tes yang diberikan.

5. Jaga kesehatan

Kesehatan tubuh merupakan faktor yang sangat penting saat menjalani tahapan seleksi sekolah kedinasan.

Terutama sebelum menjalani tes kesehatan, pastikan bahwa kondisi anda dalam keadaan benar-benar fit.

Lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan sebelum tes berlangsung. Setelah mengetahui penyakit-penyakit yang dapat menggugurkanmu dalam tes kesehatan, berobatlah dan berkonsultasilah dengan dokter.

6. Utamakan Kejujuran

Kejujuran adalah juga merupakan salah satu faktor penting lainnya dalam tahapan proses seleksi sekolah kedinasan, terutama pada saat tes wawancara.

Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal. Di samping itu, kejujuran juga penting saat melakukan pengumpulan dokumen.

Jangan berani-berani memalsukan atau memanipulasi data karena bisa membuatmu langsung gugur dalam proses seleksi. (FW)

Denis Septianda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *