Survei Voxpol, Hanya 7 Parpol Masuk Ambang Batas Parlemen

Survei Voxpol, Hanya 7 Parpol Masuk Ambang Batas Parlemen

Menjelang pemilihan umum tahun 2019, Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei ambang batas parlemen partai politik. Hasilnya cukup membuat partai tengah dan bawah ketar-ketir lantaran hanya 7 parpol yang diprediksi masuk parliamentery treshold.

Pemilu 2019 Diprediksi Banyak Parpol Tumbang

Konten.co.id (Jakarta) – Satu pekan menjelang pemilihan legislatif, Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei terkait prediksi partai politik yang kemungkinan masuk ambang batas parlemen.

Voxpol memprediksi hanya tujuh partai politik (parpol) yang bisa melewati ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei yang dirilis pada Selasa, (9/4). Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyimpulkan, hanya tujuh partai politik peserta Pemilu 2019 yang mampu melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen cuma bisa dipenuhi tujuh parpol peserta Pemilu 2019.

Pangi mengatakan, perolehan suara tertinggi masih dipegang oleh tiga partai besar, yaitu PDIP sebesar (24,1 persen), Gerindra (19,3 persen) dan Golkar (9,5 persen).

“Diprediksi dari survei kami hanya ada tujuh partai politik yang memenuhi ambang batas parlemen empat persen, yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, Nasdem dan PAN,” katanya dilansir Republika, Selasa (9/4).

Pangi menilai, PKS, PPP, dan Hanura belum berada di zona aman untuk lolos ke parlemen. Terlebih lagi jika partai-partai tersebut gagal menggaet pemilih yang belum menentukan pilihannya alias undecided voters.

“Tapi masih ada beberapa partai yang berpeluang lolos kesenayan dengan mempertimbangkan margin of error, yaitu PKS (3,9 persen), Perindo (3,3), PPP (2,9). Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang punya peluang besar lolos ke Senayan,” terangnya.

Sementara itu, partai-partai lain yang elektabilitasnya di bawah 2 persen, yakni Hanura (1,1), PBB (0,3), PSI (0,2), Berkarya (0,2), PKPI (0,1), dan Garuda (0,1).

Survei tersebut dilakukan pada 18 Maret sampai 1 April 2019. Jumlah respondennya sebanyak 1.600 orang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Metodenya menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,45 persen. (ME)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan