RUU Aborsi Texas, Usulkan Pelaku Dihukuman Mati

RUU Aborsi Texas, Usulkan Pelaku Dihukuman Mati

Usulan hukuman mati bagi pelaku aborsi sedang dirundingkan dalam RUU aborsi oleh anggota parlemen Texas.

Anggota Parlemen Texas Usulkan RUU Pelaku Aborsi Dihukuman Mati

Konten.co.id – Anggota parlemen Texas sedang mempertimbangkan RUU mengenai larangan aborsi serta dan akan dikenai hukuman mati jika melanggar RUU itu. Sidang pertama diadakan minggu ini, walaupun usulan itu telah diajukan pada bulan Januari lalu.

RUU tersebut diperkenalkan oleh Tony Tinderholt dari partai Republik pada awal tahun 2019. Tujuannya adalah untuk melindungi hak-hak anak yang masih berada dalam kandungan.

Sekitar 500 orang menyetujui dan 54 orang menentang RUU tersebut. Tinderholt mengajukan RUU yang sama pada tahun 2017, tetapi gagal. Setelah mengajuk RUU tersebut, Tinderholt berada di bawah lindungan negara karena ancaman kematian yang diterimanya.

“Seorang anak manusia yang hidup, dari saat proses pembuahan atas penggabungan spermatozoa dengan sel telur manusia, berhak atas hak, kekuatan, dan hak istimewa yang sama seperti yang dijamin atau diberikan oleh undang-undang negara ini kepada anak manusia lainnya,” isi dari teks RUU itu yang dilansir dari NBC News.

RUU itu akan melarang aborsi di setiap tahap kehamilan dan akan mengkriminalkan wanita atau dokter yang melakukan aborsi, walaupun dalam kasus pemerkosaan, perdagangan manusia, atau inses.

Sementara, partai Demokrat mengecam RUU itu. Bahkan perwakilan dari partai Republik Jeff Leach mengatakan bahwa dia tidak akan mengizinkan komite untuk menindak lanjuti undang-undang itu

“Saya tidak bisa dan tidak akan mendukung serta tidak akan membiarkan RUU aborsi yang menargerkan wanita dengan tanggung jawab perdata atau pidana ini keluar,” ujar ketua Komite Peradilan dan Yurisprudensi Sipil tersebut. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *