Prancis Konteskan Desain Menara Notre Dame Secara Global

Prancis Konteskan Desain Menara Notre Dame Secara Global

Puncak menara Notre Dame hangus terbakar, Prancis berjanji untuk membangunnya kembali dalam waktu 5 tahun.

Prancis akan Mengadakan Kontes Desain Internasional untuk Merenovasi Menara Notre Dame

Konten.co.id – PM Edouard Philippe mengatakan pada hari Rabu (17/4/2019) bahwa Prancis akan mengundang seluruh arsitek di seluruh dunia. Hal itu bertujuan untuk membangun kembali menara katedral Notre Dame yang hancur dilalap api.

Philippe mengatakan bahwa kompetisi desain menara secara internasional akan menentukan pembangunan menara sesuai aslinya atau dengan desain baru..

Pembangunan menara bisa menyesuaikan dengan teknik dan tantangan di zaman sekarang, yang merujuk pada ukiran dan pahatan zaman sekarang.

Dalam waktu 24 jam, dana untuk merenovasi Katedral Notre Dame yang terbakar hari Senin (15/4/2019) mencapai angka satu miliar euro dan masih akan bertambah.

Beberapa miliarder dan perusahaan-perusahaan terkenal ikut berdonasi untuk renovasi gereja itu, seperi Gucci, Yves, Saint Laurent, bahkan L’Oreal.

Pada hari Rabu (17/4/2019) gereja di seluruh Prancis membunyikan loncengnya sebagai bentuk solidaritas atas kebakaran yang melanda Notre Dame. Lonceng-lonceng mulai berbunyi pada pukul 18.43 waktu Prancis tepat 48 jam sejak tragedi itu terjadi.

Presiden Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali gereja tersebut dalam kurun waktu lima tahun. Dia mengatakan gereja ajan dibangun kembali dengan desain lebih cantik.

Dilansir dari CBS News, pemerintah Prancis mengerahkan sekitar 50 penyidik untuk mengetahui penyebab kebakaran. Para penyidik telah menanyai 30 karyawan, termasuk yang terlibat dalam pekerjaan restorasi gereja. 

Surat kabar Prancis Le Parisien melaporkan bahwa alarm kebakaran berbunyi di Notre Dame sekitar pukul 18.00 waktu Prancis. Tetapi komputer menunjukkan lokasi kebakaran yang salah.

Kobaran api mungkin telah menyala di bagian bawah menara katedral dan mungkin disebabkan oleh masalah listrik di lift. 

Gereja berusia 850 tahun itu dilalap api pada hari Senin (15/4/2019). Api meruntuhkan atap kayu berusia 800 tahun dan puncak menara katedral Notre Dame. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan