Persetujuan Dagang, Trump akan Kunjungi Abe di Jepang

Persetujuan Dagang, Trump akan Kunjungi Abe di Jepang

Kunjungan Presiden AS ke Jepang akan membahas persetujuan perdagangan ekspor-impor kedua negara.

Trump Dijadwalkan Kunjungi Jepang Bahas Isu Perdagangan pada Mei 2018

Konten.co.id – Presiden Donald Trump memgatakan pada hari Jumat (26/4/2019) bahwa pembicaraan mengenai perdagangan dengan Jepang berjalan dengan baik. Pembicaraan tersebut mungkin akan mencapai sebuah kesepakatan sebelum Trump mengunjungi Jepang pada bulan Mei mendatang.

Pada pertemuan awal mereka, Trump mengatakan Jepang telah membeli peralatan militer AS dengan jumlah besar. Sedangkan Washington meminta Tokyo untuk membebaskan tarif pertaniannya.

Dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh kedua negara ini, dari mulai pertahanan, perdagangan, sampai masalah Korea Utara. PM Shinzo Abe mengatakan bahwa pertemuan tersebut hanya akan membahas peningkatan kontribusi Jepang terhadap pemeliharaan pasukan AS di Jepang dan merundingkan keberatannya dalam masalah perdagangan otomotif.

Dilansir dari Time, jika administrasi Trump menarik ancaman yang memberlakukan tarif 25% pada 1,7 juta mobil dan oderdilnya, Jepang akan mendukung perjanjian yang membuka lebih banyak pasar ekspor ke AS, termasuk daging sapi dan produk pertanian.

Dilansir dari Reuters, Jepang menolak tekanan AS untuk menghubungkan perdagangan dengan masalah mata uang menjelang pertemuan kedua mereka. Selain perdagangan, mereka diharapkan membahas Korea Utara Dan masalah-masalah lain yang menjadi kepentingan bersama. 

Trump sebelumnya telah menjelaskan bahwa dia tidak senang dengan suprlus perdagangan antara Jepang dan AS, terutama dari ekspor mobil, sehingga menginginkan kesepakatan mufakat untuk kedua negara tersebut. 

Trump direncanakan akan pergi ke Jepang pada tanggal 25-28 Mei 2019, setelah sebelumnya mengadakan 38 kali pertemuan, termasuk pembicaraan melalui telepon. (RM)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan