Penelitian UKRI Prabowo Unggul 62,20 Persen

Penelitian UKRI Prabowo Unggul 62,20 Persen

Akademisi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) melakukan penghitungan C1 dari 8.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penelitian UKRI: Jokowi Kalah Telak, Prabowo Unggul 62 Persen

Konten.co.id – Pasangan Calon Presiden nomor 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno meraih suara 62,20 persen unggul dari pasangan Joko Widodo- Ma’ruf Amin dengan suara sebesar 35,90 persen. Sisanya, sebanyak 1,90 persen tidak sah. 

Hasil ini didapat dari penghitungan C1 yang dilakukan Akademisi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) berdasar 8.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Direktur Lembaga Pengetahuan dan Ilmu Teknologi (Lapitek) UKRI, Rohmanizar Setiadi mengungkapkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage random sampling dengan margin of error mencapai 2,46 persen. Sedangkan sampel yang dipakai diklaim berasal dari sebagian besar Provinsi di Indonesia.  

Ia menjelaskan kedua capres memiliki wilayah teritorial unggulan. Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di 23 provinsi. Di antaranya Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, dan Aceh.

Sedangkan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin unggul di 11 provinsi. Di antaranya Bali, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Disinggung mengenai kesulitan dalam proses penelitian, ia mengaku sedikit mendapat kendala untuk menemukan data C1 Plano di wilayah timur Indonesia. 

“Kami menghadapi kesulitan teknis (mendapatkan C1 Plano di wilayah timur). Jadi, memang paling banyak diperoleh di wilayah barat,” katanya usai merilis hasil penelitian di Kampus UKRI, Jalan Halimun, Kota Bandung, Kamis (25/4/2019).

Meski demikian, pihaknya meyakini penelitiannya menggambarkan hasil penghitungan dari keseluruhan TPS di Tanah Air. Jumlah sampel yang banyak di Indonesia wilayah barat pun tidak terlepas dari segi jumlah pemilih di pemilu yang didominasi masyarakat di wilayah barat.

Terlebih, ada 10 ribu relawan yang dilibatkan untuk menjamin kualitas hasil sampel. “Jadi hasil ini bisa merepresentasikan hasil nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, dibangun oleh keluarga besar Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo. Dalam susunan organisasinya, Prabowo Subianto tercatat sebagai Ketua Yayasan.  (AI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan