Partisipasi PSU di Malang Capai 70 Persen

Partisipasi PSU di Malang Capai 70 Persen

Tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS di Kota Malang Jawa Timur, Kamis (25/4/2019) mencapai 70 persen.

Animo Masyarakat Tinggi, Partisipasi PSU di Malang Capai 70 Persen

Konten.co.id – Tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS di Kota Malang Jawa Timur, Kamis (25/4/2019) mencapai 70 persen dan penyelenggaraannya pun berlangsung kondusif. Meski tingkat partisipasi tidak setinggi pada pemilu 17 April lalu yakni 80 persen, akan tetapi angka 70 persen cukup tinggi mengingat hari pemungutan suara merupakan hari kerja.

PSU sendiri dilakukan di TPS 14 Penanggungan, TPS 9 Bunulrejo, dan TPS 17 Sukoharjo. Meski demikian pada PSU kali ini jumlah partisipasi pemilih menurun, terutama di TPS 9 Bunulrejo. Pada 17 April lalu yang menggunakan hak suaranya sebanyak 170, tapi pada PSU kemarin hanya 131.

Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Bunulrejo, Kuswantoro mengatakan bahwa penghitungan suara di TPS 9 Bunulrejo masih dipending, sehingga belum ada kabar bagaimana hasil pemilihan kemarin.

Form C1 masih belum terisi data. “Jadi saya juga tidak punya data C1 hasil TPS 9 kemarin. Karena KPU sendiri hanya mengumpulkan form C1 yang sudah lengkap untuk di scanning,” tegas dia.

PSU dilakukan karena terjadi kelalaian pihak KPPS di TPS 9 Bunulrejo, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 17 Sukoharjo yang menyebabkan adanya rekomendasi PSU dari Bawaslu. Berdasarkan laporan dan analisa Bawaslu ada 6 DPTb yang mencoblos 5 surat suara di TPS 9 Bunulrejo, padahal harusnya hanya diperbolehkan 2 surat suara Pilpres dan DPD.

Sedangkan di TPS 14 Penanggungan dan TPS 17 Sukoharjo kasusnya sama, sejumlah pemilih yang tidak berdomisili di wilayah tersebut mencoblos dengan hanya menggunakan e-KTP. Tercatat 8 orang di TPS 14 Penanggungan dan 3 orang di TPS 17 Sukoharjo. Sehingga ketiga TPS tersebut harus melaksanakan PSU. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *