Ombudsman Kritik Ridwan Kamil yang Masuk ke Ruang UN

Ombudsman Kritik Ridwan Kamil yang Masuk ke Ruang UN

Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat menemukan beberapa pelanggaran dalam pelaksanaan UN. Mulai dari pengawas memakai ponsel di ruang ujian, sampai Gubernur Jawa Barat masuk ke dalam ruang ujian.

Ridwan Kamil Posting Foto di Instagram Masuk ke Ruang Ujian di SMK dan SLB

Konten.co.id (Bandung) – Di hari kedua Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat menemukan Pengawas UN di salah satu SMA “bermain” ponsel. Selain itu Ombudsman juga menemukan proktor (orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah) bermain game di laptop saat UN berlangsung.

Dalam prosedur operasional standar penyelenggaraan UN (POS UN) tahun 2018/2019, penggunaan alat komunikasi (ponsel) tersebut termasuk dalamjenis pelanggaran berat.

Rilis yang diterima konten.co.id dari Ombudsman menyebut pelanggaran sedang dan berat yang dilakukan oleh pengawas ruang bisa terkena sanksi dibebastugaskan sebagai pengawas ruang ujian. Selain itu juga bisa diberi sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan oleh ketua panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi sesuai dengan kewenangannya.

Saat Tim Ombudsman menemukan kejadian tersebut, Ombudsman langsung menyampaikan kepada ketua panitia penyelenggara UN di Sekolah tersebut untuk menegur pengawas yang sedang bermain ponsel tersebut.

Ombudsman berharap agar pengawas, proktor, teknisi UN benar-benarmemperhatikan aturan-aturan yang ditetapkan dalam POS UN. Ombudsman berharap agar tidak ada lagi pelanggaran yang terjadi di kemudian hari.

Dilain hal, Ombudsman juga melihat di media sosial instagram milik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Selasa (2/4/2019) melakukan pemantauan terhadap jalannya UN di SLB Wiyata Guna.

Namun yang menjadi keanehan adalah Gubernur masuk ke dalam ruang ujian. Begitupun saat Gubernur memantau UNBK di SMKN 3 Bandung pada (27/3/2019). Gubernur masuk ke dalam ruang ujian.

Padahal dalam POS UN sudah dijelaskan bahwa untuk Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang dapat masuk ruang ujian hanya peserta ujian dan pengawas. Untuk UNBK yang bisa masuk ke ruang ujian hanya peserta ujian, pengawas, proktor atau teknisi.

Jika merujuk pada POS UN, dengan tegas tanpa kecuali pada saat berlangsung ujian siapapun dilarang masuk ke dalam ruangan ujian. Aturan itu dibuat agar tidak mengganggu siswa.

Ombudsman RI mengajak kepada semua pihak agar mematuhi pada aturan yang sudah dibuat Pemerintah. (FW)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan