Misi Peluncuran Pesawat Antariksa Israel Berujung Gagal

Misi Peluncuran Pesawat Antariksa Israel Berujung Gagal

Israel kehilangan harapan untuk menjadi negara keempat yang mengibarkan bendera di bulan.

Gangguan Mesin, Pesawat Antariksa Israel Gagal Mendarat di Bulan

Konten.co.id – Pesawat antariksa Israel mengalami masalah teknis ketika akan mendarat di permukaan bulan. Harapan Israel untuk menjadi negara keempat yang mendaratkan pesawat antariksa di bulan sepertinya telah gagal.

Dalam sejarah, baru lembaga ruang angkasa pemerintah dari bekas Uni Soviet, AS dan Cina yang berhasil mendarat di bulan. Tujuan Israel mengirim pesawat yang disebut Beresheet ke bulan adalah untuk mengambil gambar, melakukan eksperimen, mengibarkan bendera kebangsaan. 

Setelah perjalanan selama tujuh minggu ke bulan, pesawat antariksa tak berawak itu mendekati orbit terakhir sejauh 15 km dari permukaan bulan.

Manajer dari Israel Aerospace Industries Opher Doron mengumumkan bahwa telah terjadi kegagalan mesin setelah sebelumnya hilang kontak dan membuat ketegangan di pusat kendali. Tetapi mesin sempat menyala kembali sebelum menghilang dan menabrak bulan.

Proyek ini menelan biaya sekitar $100 juta atau sekitar Rp 1,4 Triliun dan telah membuka jalan baru untuk bisa mengeksplorasi Bulan dengan biaya yang lebih rendah di masa depan. Beresheet yang dalam bahasa Ibrani berarti pada awalnya, merupakan proyek bersama antara SpaceIL dan Israel Aerospace Industries yang didanai secara pribadi.

PM Benjamin Netanyahu yang menyaksikan dari ruang kontrol di dekat Tel Aviv, memberikan komentar atas kegagalan pendaratan Beresheet untuk mencoba lagi jika memang tidak berhasil dalam percobaan pertama ini.

Dalam istilah luar angkasa, bulan hanyalah loncatan dari bumi dan sebagian besar proyek seperti ini hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai ke Bulan. Tetapi misi Beresheet yang diluncurkan pada tanggal 22 Februari membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mencapai bulan.

Bereseheet melalui serangkaian orbit yang terus melebar di sekitar Bumi, sebelum bisa ditangkap oleh gravitasi Bulan. Beresheet dapat berpindah ke orbit bulan pada tanggal 4 April 2019. 

Beresheet harus melalui lintasan lebih dari 15 kali jarak Bumi ke Bulan yang berjarak 380.000km. Dan faktor utama yang mempengaruhi ini adalah biaya. Dia meluncur dengan roket SpaceX Falcon 9 bersama dengan satelit komunikasi dan pesawat eksperimental untuk mengurangi biaya peluncuran dan menyebabkannya harus mengambil rute yang lebih lama.(RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *