Menanti Aktor Utama di Balik Dugaan Curangnya Pemilu 2019

Menanti Aktor Utama di Balik Dugaan Curangnya Pemilu 2019

Curang jadi istilah tren jelang pemungutan suara. Apalagi setelah video tercoblosnya surat suara di Malaysia yang dilakukan seperti disengaja.

Menanti Aktor Curang Pascapenemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Konten.co.id – Kasus tercoblosnya surat suara presiden dan wakil presiden serta calon legislatif di Malaysia jadi sorotan adanya kecurangan dalam Pemilu 2019. Lalu, siapa aktor dibalik kecurangan Pemilu?

Dua kubu yang bertanding pun saling memberi sinyal bahkan menuding kecurangan. Apalagi surat suara yang sudah dicoblos itu untuk Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf. 

Ditambah surat suara untuk caleg dari Partai Nasdem, Davin Kirana juga ikut dicoblos. Nasdem sudah jelas berafiliasi dengan Paslon 01 sebagai garda terdepan koalisi.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyebut ada upaya menyudutkan pihak 01 terkait tercoblosnya surat suara di Malaysia. 

Pihak luar tersebut ingin menyudutkan paslon yang diusung NasDem, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate meyakini ada pihak luar yang sengaja menyudutkan kubu 01 dan caleg pro Jokowi. 

“Kami meyakini ada pihak dari luar atau pihak bukan kami dengan sengaja melakukan usaha pelanggaran tersebut,” ucap Johnny, Kamis (11/4/2019).

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo juga menegaskan kubu 02 tidak terlibat mencoblos surat suara tersebut.

“Ini kan yang kelihatan dicoblos 01, dan beberapa partai pendukungnya. Ini tidak bisa dikatakan ada pihak-pihak luar yang berasal dari 02,” ujar juru debat BPN, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan.

“Pasti tidak berasal dari pihak 02, karena nggak mungkin kami mencoblos 01”.

Video viral surat suara yang tercoblos itu jadi alasan adanya dugaan kecurangan Pemilu. Bawaslu sudah mendesak agar KPU segera menghentikan proses pemungutan suara di Malaysia.

Publik juga dibuat geleng-gelang kepala karena kecurangan Pemilu sudah sangat jelas di depan mata. Walau belum bisa ada kesimpulan, namun masyarakat nampaknya bakal menanyakan soal Pemilu jujur, bersih, dan adil yang sering digaungkan.

Kalau sudah ada indikasi kecurangan, apakah masih layak ada Pemilu 2019? (FW)

Infografis surat suara tercoblos di Malaysia

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan