Lima Makanan Khas Yogyakarta

Lima Makanan Khas Yogyakarta

Yogyakarta selain punya tempat wisata budasya keren, juga jadi surga kuliner bagi traveller.

Jangan Anda Lewatkan, Lima Makanan Khas Yogyakarta

Konten.co.id– Yogyakarta adalah salah satu kota yang terkenal dengan wisatanya. Jika anda traveling ke Jogja, jangan lupa mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa dinikmati kalau ke kota yang pernah jadi Ibukota Indonesia ini?

Yuk simak lima makanan khas Yogyakarta yang akan Konten.co.id sajikan untuk food lovers.

  • Gudeg

Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah ikon kuliner khas Jogja. Rasa asli gudeg sebenarnya manis, hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa. Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, sambal goreng krecek, dan gurihnya kuah opor ayam serta tambahan telur, tahu, atau tempe bacem.

Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dibandingkan santan gudeg basah.

  • Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate kambing yang hanya dibumbui garam serta dibakar dengan menggunakan jeruji besi sepeda di atas bara arang. Tusukan jeruji besi sepeda inilah yang membuat sate klathak menjadi sate yang unik dan khas.

Jeruji besi berfungsi untuk menghantarkan panas agar daging kambing matang dengan merata. Sate klathak dimakan dengan sajian kuah gule.

  • Sego Kucing

Sego kucing, atau nasi kucing, adalah nasi yang dibungkus di dalam daun pisang dengan campuran ikan teri, sambal, atau tempe di bagian atasnya. Lalu adas berbagai menu tambahan seperti tahu tempe bacem, sate kikil dan lainnya.

Disebut dengan sego kucing karena nasi ini dibuat dalam porsi kecil, hanya beberapa kali suapan, seperti porsinya kucing. Sego kucing adalah menu utama di angkringan. Bagi mahasiswa Yogyakarta, makan di angkringan adalah cara terbaik untuk menghemat uang saku yang pas-pasan.

  • Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng mercon adalah makanan yang berbahan dasar kikil, daging sapi, dan cabe rawit yang sangat banyak. Nama mercon berasal dari letupan-letupan pedasnya cabe rawit ketika dikunyah dan ekspresi wajah setelah memakan oseng-oseng tersebut, rasanya seperti bom yang meledak di dalam mulut.

  • Bakpia

Bakpia adalah makanan dari kacang hijau yang dibungkus dari tepung. Seiring berjalannya waktu, isi bakpia tidak hanya kacang hijau, sekarang sudah banyak varian rasa, mulai dari cokelat, keju, durian, hingga cappuccino dan abon sapi. Bakpia termasuk salah satu ikon kuliner Jogja yang populer. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *