Lima Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Lima Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Sunda memiliki berbagai makanan khas yang juga sangat sayang untuk dilewati.

Bikin Ketagihan, Lima Makanan Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Konten.co.id– Wilayah sunda adalah sebuah daerah yang sangat terkenal sekali dengan berbagai kuliner lezatnya. Banyak sekali makanan khas sunda yang bisa kita jumpai dengan rasa yang sangat lezat dan akan membuat food lovers ngiler.

Lalu apa saja sih makanan khas sunda tersebut?, yuk langsung saja konten.co.id kasih lima makanan khas sunda yang patut anda coba.

  • Mie Kocok

Makanan Sunda yang satu ini terkenal dengan kuah dan campuran mie. Mie kocok, merupakan menu makanan yang menggunakan kaldu sapi sebagai bahan dari kuahnya. Dikenal dengan nama mie kocok, karena mie yang digunakan sebagai bahan olahan makanan ini proses masaknya adalah dengan cara di kocok-kocok dalam wadah khusus.

Sedangkan sebagai campuran dalam semangkuk mie kocok ada tauge, irisan kikil, bakso, dan babat. Dengan taburan daun bawang, seledri, dan juga bawang goreng. Rasa dari mie kocok ini dijamin pecah banget di mulut deh. Jangan lupa untuk menambahkan jeruk nipis, kecap, dan juga sambal agar rasanya semakin lezat!

  • Sate Maranggi

Menu makanan satu ini berasal dari daerah Purwakarta, tapi kamu bisa menemukannya di berbagai wilayah Jawa Barat lainnya kok.. Sate yang satu ini memang memiliki rasa yang sangat lezat. Selain dagingnya yang cukup besar, sate kambing dan sapi ini juga memiliki bumbu yang meresap.

Mie Kocok, Sate Maranggi, Nasi tutug Oncom, Karedok dan Nasi Liwet adalah lima makanan khas Sunda yang patut dicoba

Hal ini karena sebelum proses pembakaran, daging dari sate maranggi direndam terlebih dahulu dalam bumbu khas hingga meresap. Jadi, penyajian tanpa bumbu tambahan pun tidak masalah, karena rasa bumbu yang sudah meresap tersebut.

  • Nasi Tutug Oncom

Makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi dan oncom. Oncom dalam artian bahasa indonesianya adalah olahan kedelai. Makanan yang satu ini berasal dari kota Tasikmalaya yang sangat terkenal dan banyak yang suka.

Jika kamu berkunjung ke Tasikmalaya kamu pasti mudah untuk mendapatkan makanan yang satu ini karena banyak sekali restoran yang menyediakan makanan yang satu ini. Terlebih lagi banyak restoran yang menambahkan ikan asin, jeruk nipis dan makanan lain dalam hidangannya.

  • Karedok

Makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang dulu sangat tenar sekali dikalangan masyarakat. Karedok merupakan makanan yang berbahan dari sayuran mentah yang dipotong kecil kecil kemudian di sajikan dengan sambal karedok.

Untuk sambal karedok biasanya terbuat dari kacang yang di ulek dengan campuran cabai, bawang, garam dan bumbu lainnya yang kemudian di kasih sedikit air.

  • Nasi Liwet

Makanan khas yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan, karena makanan yang satu ini sering sekali disajikan ketika ada acara kumpul-kumpul. Nasi liwet biasa disajikan dengan didampingi ayam bumbu kecap yang identing memiliki rasa lezat sedikit manis, tidak hanya itu biasanya juga disajikan dengan rebusan telur, ikan teri dan tahu atau pun tempe.

Rasanya yang lezat saya yakin jika kamu menyantap makanan yang satu ini kamu akan ketagihan dengan rasanya. Terlebih lagi rasa ayam bumbu kecapnya yang manis lezat, sangat nikmat rasanya dan saya yakin akan membuat kamu ketagihan ketika memakannya. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *