Liga Champions, Bungkam Porto, Liverpool Melenggang ke Semifinal

Liga Champions, Bungkam Porto, Liverpool Melenggang ke Semifinal

Liverpool berhasil memastikan diri lolos ke babak final semifinal setelah membungkam Porto dengan agregat 5-1. The Reds akan menjalani pertandingan berat di Semifinal, pasukan Jurgen Klopp ini berjumpa Barcelona untuk bisa menembus final.

Liga Champions: Bungkam Porto, Liverpool Bertemu Barcelona di Semifinal

Konten.co.id (Porto)  – Perjuangan Porto di Liga Champions 2018-2019 harus selesai hingga perempat final. Lawannya, Liverpool berhasil melaju ke semifinal.

Dilansir okezone.com, Pada laga kedua perempatfinal yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB, Liverpool membuat meraih kemenangan atas Porto dengan skor telak 4-1.

Hasil itu membuat Liverpool berhak merebut tiket ke semifinal dengan skor agregat 6-1. Pada babak semifinal, The Reds –julukan Liverpool– akan mendapat tantangan berat dari Barcelona, yang pada perempatfinal mengandaskan Manchester United.

Laga dimulai, Porto langsung memberi ancaman kepada Liverpool. Pada menit pertama, Jesus Corona melancarkan tembakan yang nyaris membuka keunggulan. Tetapi bola masih melambung tipis di atas gawang Alisson.

Pada menit 10, Porto terus mengancam melalui sektor sayap. Namun usaha mereka masih tetap gagal. Tampil di hadapan publik sendiri, Porto menunjukkan agresivitas yang luar biasa. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan hingga pertengahan babak pertama.

Beberapa kali peluang emas pun didapat Porto untuk mencetak gol. Tetapi finishing yang kurang sempurna membuat beberapa peluang yang didapat Pepe dan kawan-kawan terbuang sia-sia. Keadaan masih imbang hingga menit 25.

Tetapi pada menit 26, keadaan berbalik. Liverpool mampu mencetak gol yang membuat publik Porto terdiam. Gol tersebut dicetak Sadio Mane melalui sontekan di depan gawang setelah meneruskan umpan Mohamed Salah.

Akan tetapi gol tersebut sempat dianulir hakim garis karena offside. Tetapi VAR menyatakan hal berbeda dan gol Mane dinyatakan sah. Papan skor berubah Liverpool unggul 1-0 atas Porto. Unggul 1-0, Liverpool kini justru tampil lebih percaya diri.

Porto sebetulnya menguasai bola, namun permainan tim asal Portugal ini tidak begitu ngotot seperti awal babak pertama. Sementara itu, Liverpool justru mampu mengatur tempo dengan baik. Hingga akhirnya kedudukan tak mengalami perubahan ketika laga babak pertama berakhir. Liverpool unggul dengan skor 1-0.

Sementara pada awal babak kedua, Liverpool agaknya tak terlalu ngotot setelah unggul 1-0 di babak pertama. Mereka mampu tampil tenang dan mampu menjaga dengan baik pertahanan mereka dari serangan Porto.

Justru pada menit 65, Porto kembali kebobolan. Kali ini gol dicetak sang pemain andalan Liverpool yakni Mohamed Salah. Berawal dari serangan balik Salah mampu memanfaatkan umpan apik dari Trent Alexander-Arnold untuk mencetak gol. Liverpool unggul 2-0.

Namun tak berselang lama, Porto mampu memperkecil ketertinggalan. Kali ini gol Porto dicetak Eder Militao. Memanfaatkan umpan sepakan pojok Alex Telles, Militao menanduk bola tersebut dan tak mampu dibendung Alisson. Porto pun mencetak gol. Namun begitu, Liverpool masih unggul dengan skor 2-1.

Liverpool tampaknya belum puas meski memimpin. Mereka mencetak gol kembali untuk memperlebar jarak kedudukan. Kali ini giliran Roberto Firmino yang menyumbangkan gol untuk Liverpool. Meneruskan umpan silang Jordan Henderson, Firmino menyelesaikan dengan sempurna dan membuat jala Porto terkoyak. Liverpool unggul 3-1.

Tidak hanya itu, Liverpool masih tampil ganas dengan kembali menorehkan gol pada menit 84. Kali ini giliran Virgil Van Dijk yang memanfaatkan skema tendangan sudut. Berawal dari umpan Mane, Van Dijk menuntaskan bola tersebut dengan baik. Liverpool unggul 4-1.

Hasil itu pun tak berubah sampai laga berakhir. Liverpool berhasil memastikan diri lolos ke babak semifinal dengan skor agregat 5-1.

Kemenangan tersebut pun mengantarkan Liverpool bertemu Barcelona di babak semifinal. Ini akan menjadi laga berat. (ME) 

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *