Lari Maraton di Inggris Kampanye Kurangi Sampah Plastik

Lari Maraton di Inggris Kampanye Kurangi Sampah Plastik

Ooho! Si Balon Air yang dapat Dimakan Diberikan kepada Para Pelari Maraton Inggris 2019 Konten.co.id (Inggris) – Sebuah perusahaaan start-up membagikan balon air yang dapat dimakan di acara London Marathon 2019. Penyelenggara acara berharap dapat mengurangi limbah botol plastik dengan adanya kapsul air minum tersebut. Ribuan balon air yang dapat dimakan dibagikan di acara London Marathon

Ooho! Si Balon Air yang dapat Dimakan Diberikan kepada Para Pelari Maraton Inggris 2019

Konten.co.id (Inggris) – Sebuah perusahaaan start-up membagikan balon air yang dapat dimakan di acara London Marathon 2019. Penyelenggara acara berharap dapat mengurangi limbah botol plastik dengan adanya kapsul air minum tersebut.

Ribuan balon air yang dapat dimakan dibagikan di acara London Marathon 2019 pada Minggu (28/4/2019) dalam upaya untuk mengurangi limbah plastik. Panitia berharap dapat mengurangi jumlah botol plastik hingga 215.000 botol. 

Buntut dari sebuah acara lari maraton adalah banyaknya bekas botol minum plastik yang dibawa oleh para pelari untuk bisa tetap minum selama di jalur maraton. Panitia bekerja sama dengan sebuah perusahaan start-up untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Panitia memberikan sebuah balon air kepada masing-masing pelari setiap menempuh jarak 26,2 mil. Balon tersebut berbentuk bulat dan bungkusnya terbuat dari ekstrak rumput laut sehingga dapat dimakan. 

Balon air dapat digigit untuk melepaskan air di dalamnya dan dapat dimakan. Jika mereka jatuh ke tanah, mereka akan terurai selama enam minggu. Lebih mudah terurai dibandingkan dengan botol plastik yang membutuhkan waktu selama 450 tahun. 

Bungkus Ooho! balon air tersebut dibuat oleh perusahaan start-up Skipping Rocks Lab yang berbasis di London, Inggris. Bungkus itu terbuat dari membran rumput laut alami yang sangat tipis.

Namun, maraton tahun ini tidak sepenuhnya bebas plastik. Botol-botol air masih tersedia di pos-pos sepanjang jalur lari. 

Tetapi, panitia menjamin bahwa sebagian botol minum yang diberikan terbuat dari plastik daur ulang. Sampah botol tersebut juga akan dikumpulkan dan didaur ulang. 

Para panitia juga sedang menguji cara mendaur ulang botol dengan lebih efektif. Mereka menggunakan sistem closed loop, di mana botol plastik yang dikumpulkan di Tower Hamlets, Greenwich, Southwark, dan Canary Wharf akan dikembalikan ke pabrik untuk didaur ulang menjadi botol baru. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *