Lahan Jalan Disita Bank, Warga di Bogor Terancam Terisolasi

Lahan Jalan Disita Bank, Warga di Bogor Terancam Terisolasi

Warga di Bogor terancam terisolasi karena jalan menuju permukiman disita pihak bank. Padahal jalan itu menjadi satu-satunya akses warga.

Tak Mampu Bayar Angsuran, Bank Sita Lahan Jalan ke Rumah Warga di Bogor

Konten.co.id (Bogor) – Jalan menuju permukiman warga di Kampung Surupan, RT 02/05, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor disita oleh bank. Akibatnya warga terancam terisolasi karena tak memiliki akses jalan masuk dan keluar.

Jalan selebar dua meter dan panjang 600 meter itu disita dan ditutup pihak bank. Sebanyak 50 kepala keluarga (KK) tak bisa memakai jalan yang setiap hari digunakan itu.

Dikutip dari Radar Bogor, Sekretaris Desa Cibadak, Cecep Supriyadi mengatakan, penutupan jalan sudah dilakukan sepekan lalu. Lahan jalan ke rumah warga itu telah diagunkan ke bank oleh pemilik lahan.

“Sertifikat tanah dijadikan agunan saat proses peminjaman uang,” ujar Cecep.

Pemilik tanah atas nama Ahmad tak mampu membayar kredit, sehingga tanah tersebut disita bank. Sebelumnya, Ahmad membeli tanah itu dari Udin.

“Sebetulnya jalan itu sudah ada sejak dulu dan menurut informasi pernah dihibahkan ke desa oleh pemilik pertama, tapi hanya secara lisan dan tidak tercatat di kantor desa,” bebernya.

Cecep menjelaskan, tanah yang dibeli Ahmad seluas 3.000 meter persegi. Dari luasan itu, 1.200 di antaranya pernah dihibahkan Udin. Namun karena tidak terinventarisasi, sehingga ikut terukur saat proses jual-beli.

Pihak desa pun berencana melakukan mediasi dengan bank. Rencananya kepala desa akan membeli lahan jalan tersebut.

Di depan jalan menuju rumah warga, masih terpasang plang bertuliskan ’Jalan Ini Ditutup karena Merupakan Agunan Bank dan Segera Dilelang’.

Kades Cibadak, Ulung Saputra, membenarkan adanya penyitaan jalan lingkungan di desanya.

”Kami sekarang ini sedang berupaya dan mengurus terkait penutupan jalan tersebut,” katanya. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan