Kucuran Dana Investor Bakal Mandeg Sampai Pemilu Beres

Kucuran Dana Investor Bakal Mandeg Sampai Pemilu Beres

Adanya pelambatan penjualan ritel akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sebatas 5 sampai 5,1 persen.

Ekonom, Investor Masih Menahan Dana Sampai Beres Pemilu

Konten.co.id (Jakarta) – Ekonomi Indonesia diprediksi hanya akan tumbuh 5 sampai 5,1 persen pada kuartal I 2019. Hal ini karena melambatnya penjualan ritel sejak awal tahun. Demikian diungkapkan Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah, selasa (9/4/2019).

“Paling 5,1 persen perkiraan saya. Karena memang triwulan-I ini inflasi stabil. Inflasi inti juga tidak mengalami kenaikan yang cukup dan data retail juga tidak ada lonjakan. Artinya kita tidak bisa berharap ekonomi kita mengalami lonjakan,” katanya sebagaimana dilansir Merdeka.com.

Melihat perang dagang AS dan China yang mulai melambat, Piter menilai kondisi itu belum memberi pengaruh besar kepada ekonomi Indonesia. Saat ini, Indonesia justru dinilai perlu membenahi investasi dan konsumsi dalam negeri. 

“Sebenarnya ekonomi kita tidak bisa dikatakan sangat bergantung pada eksternal karena ada investasi dan konsumsi. Jadi bukan ekspor. Jadi perlambatan global tidak berdampak langsung kepada ekonomi kita,” kata Piter.

Lanjutnya, pemerintah juga perlu menjaga kepercayaan investor agar tidak ragu terhadap pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang. Pasalnya, saat ini sampai pemilu selesai akan banyak investor yang menahan diri menanamkan dananya. 

“Triwulan II juga masih sama dengan triwulan I karena terkait pemilu. Karena investor pasti wait and see. Dia akan melihat siapa yang menang dan programnya seperti apa baru dia akan mengambil keputusan,” pungkasnya. (ME) 

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan