Kirim Surat ke Petinggi PD, SBY Wanti-wanti Gerakan Pascapemilu

Kirim Surat ke Petinggi PD, SBY Wanti-wanti Gerakan Pascapemilu

Pascapemilihan, Ketum Partai Demokrat, SBY mengirim surat ke petinggi partai. Isinya agar para pengurus dan kader bisa segaris dengan kebijakan partai.

Beredar Intruksi Kader PD yang “Dinas” di BPN Ditarik ke Kantor DPP PD

Konten.co.id – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengirim surat kepada petinggi partai pascapemungutan suara. SBY mewanti-wanti agar semua kader Demokrat tak melanggar konstitusi.

Surat berisi empat poin itu ditujukan SBY kepada Sekjen Demokrat, Ketua Dewan Pembina, Ketua Dewan Kehormatan dan Waketum Demokrat Syarief Hasan.

Selain itu, surat itu juga ditembuskan kepada Komandan Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ada juga arahan agar semua pengurus PD yang “berdinas” di BPN Prabowo-Sandi untuk kembali ke WP41. Arahan itu banyak beredar di pesan Whatsapp.

“Arahan Ketum, untuk sementara waktu, seluruh pimpinan partai maupun kader PD yang “berdinas” di BPN agar sekarang juga kembali ke WP41 untuk konsolidasi. Demikian untuk dilaksanakan,” tulis instruksi tersebut.

WP 41 merujuk pada Wisma Proklamasi Nomor 41 yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini juga merupakan kantor DPP Partai Demokrat.

Waketum Demokrat, Syarief Hasan membenarkan adanya surat intruksi dari SBY. “Ya benar (adanya surat dari SBY),” ucap Syarief dilansir dari Antara, Kamis (18/4/2019).

Dalam surat tersebut SBY menekankan pada poin kedua. Isinya agar semua kader menaati undang-undang dan kebijakan partai. Surat SBY itu bisa jadi tanggapan usai pemungutan suara Pilpres.

Selain itu, adanya klaim kemenangan dari Prabowo juga jadi tujuan surat yang disampaikan SBY. Dalam poin dua, isi surat itu menyiratkan agar para pengurus dan kader haru segaris dengan kebijakan partai.

“Memastikan para pengurus dan kader Partai Demokrat tidak melibatkan diri dalam kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi dan UU yang berlaku serta tidak segaris dengan kebijakan pimpinan PD,” tulis SBY.

Berikut empat poin yang disampaikan SBY:

  1. Sehubungan dengan perkembangan situasi politik pasca pemungutan suara Pemilu 2019 yang menunjukkan ketegangan (tension) dan bisa berkembang ke arah yang membahayakan politik dan keamanan kita, saya instruksikan kepada pejabat tersebut alamat, untuk secara terus menerus memantau dari dekat perkembangan situasi yang terjadi di Tanah Air.
  2. Memastikan para pengurus dan kader Partai Demokrat tidak melibatkan diri dalam kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi dan UU yang berlaku serta tidak segaris dengan kebijakan pimpinan PD.
  3. Jika terjadi kegentingan dan situasi yang menjurus ke arah konflik dan krisis yang membahayakan, segera melapor kepada Ketum pada kesempatan pertama.
  4. Demikian untuk diindahkan dan dilaksanakan. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *