Kim Jong Un Sambut Wacana KTT Ketiga dengan Trump

Kim Jong Un Sambut Wacana KTT Ketiga dengan Trump

Kim Jong Un akan menunggu Trump hingga akhir tahun ini untuk membuat keputusan.

Kim Jong Un Terbuka Dengan Rencana Trump untuk Menggelar Pertemuan Ketiga

Konten.co.id – Pemimpin Korut Kim Jong Un terbuka akan rencana pertemuan ketigan dengan Presiden Donald Trump. Kim akan menunggu sampai akhir tahun ini.

Menurut Kim, pertemuannya dengan Trump pada bulan Februari lalu merupakan sebuah tuntutan sepihak oleh AS, sehingga menimbulkan keraguan bagi Kim atas ketulusan AS menjalin hubungan dengan Korut. Tetapi, hubungan pribadinya dengan Presiden AS masih tetap baik. 

Pertemuan kedua mereka di Vietnam gagal karena permintaan Korut yang berlebihan atas pengurangan sanksi-sanksi ekonomi untuk denuklirisasi, yang diinginkan Amerika Serikat.

Dilansir dari AP News, Kim mengatakan bahwa jika AS mendekati dengan cara yang benar dan menawarkan untuk mengadakan pertemuan ketiga antara Korut-AS untuk menemukan solusi yang bisa diterima oleh kedua belah pihak, maka Korut dengan baik akan menerima tawaran itu. 

Pemimpin Korut dan pihaknya mengatakan akan menunggu hingga akhir tahun ini untuk AS dapat membuat keputusan yang berani, setelah pertemuan kedua di Vietnam tidak mencapai kesepakatan yang diinginkan. 

Kedua pemimpin negara ini bertemu pertama kali dapa bulan Juni 2018 di Singapura. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan tentang denuklirisasi yang ditandatangani oleh kedua pihak, namun tanpa rincian lainnya.

Presiden AS memberikan pernyataan ketika akan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae In, bahwa dia akan mempertimbangkan pertemuan ketiganya dengan Kim Jong Un. Dalam pertemuan tersebut, Moon Jaen In akan membantu terlaksananya pertemuan ketiga antara AS dan Korut. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *