Kian Membaik, Dalai Lama Dibolehkan Pulang

Kian Membaik, Dalai Lama Dibolehkan Pulang

Dalai Lama keluar dari rumah sakit hari ini, setelah dirawat selama tiga hari karena infeksi di dada.

Kondisi Kesehatan Damai Lama Mulai Membaik Setelah Dirawat Tiga Hari

Konten.co.id – Dalai Lama telah dipulangkan pada hari Jumat (12/4/2019) dari rumah sakit Delhi. Kondisi Dalai lama semakin membaik setelah tiga hari dirawat karena infeksi di dada.

Dalai Lama merupakan seorang pemenang Hadiah Nobel Perdamaian. Dia melarikan diri ke India 60 tahun yang lalu setelah pemberontakannya gagal melawan pemerintahan Tiongkok. 

Pemimpin spiritual Tibet itu sekarang tinggal di pengasingan di Dharamsala, kawasan Himalaya, India. Pada tanggal 9 April, Dalai Lama mengeluhkan bahwa dadanya terasa nyeri usai menghadiri sebuah pertemuan dengan para pemimpin pemuda di New Delhi. 

Pria berusia 83 tahun itu keluar dari rumah sakit pada pukul delapan pagi waktu India, menurut juru bicaranya Tenzin Taklha yang di lansir dari BBC News. Sehari sebelumnya, Dalai Lama telah melanjutkan rutinitas normalnya dan melakukan beberapa olahraga ringan.

Cina mengambil kendali atas Tibet pada tahun 1950 dan melihat Dalai Lama sebagai separatis yang berbahaya. Dengan umur yang sudah tidak muda lagi dan kesehatan yang mulai menurun, pertanyaan siapa yang akan menggantikannya ketika meninggal masih belum menemukan titik temu. 

Cina mengatakan para pemimpinnya memiliki hak untuk memilih penggantinya. Namun, bulan lalu Dalai Lama telah menegaskan bahwa pemimpin yang disebut oleh Cina itu tidak akan diterima oleh warga Tibet. Umat Budha Tibet mempunyai kepercayaan jiwa Lama yang paling senior akan bereinkarnasi ke dalam tubuh seorang anak.

Sejak dirinya hidup di India, Dalai Lama dihormati sebagai Dewa yang hidup oleh umat Budha yang berada di Tibet. Bahkan, rakyat India memanggilnya dengan tamu yang mulia dan terhormat. (RM)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan