Kementerian Komunikasi Kabul Diserang Bom Bunuh Diri

Kementerian Komunikasi Kabul Diserang Bom Bunuh Diri

Kementerian Komunikasi Kabul, Afghanistan diserang ledakan bom bunuh diri. Seranga terjadi pascabatalnya perundingan perdamaian.

Ledakkan Bom Bunuh Diri Serang Gedung Kementerian Komunikasi Afghanistan

Konten.co.id (Afghanistan) – Sebuah ledakan terjadi di pusat ibukota Afghanistan, Kabul, pada hari Sabtu (20/4/2019). Ledakan itu diduga berasal dari bom bunuh diri yang terjadi di luar gedung kementerian komunikasi.

Serangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah pertemuan yang direncanakan antara pejabat Taliban, politisi Afghanistan, dan perwakilan masyarakat sipil di Doha, Qatar dibatalkan. Pembatalan tersebut menjadi salah satu halangan untuk mencapai perdamaian. 

Dilansir dari Aljazeera, setidaknya enam orang terluka dalam kejadian ini. Tiga orang di antaranya adalah perempuan. Sedangkan ratusan orang dievakuasi.

Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan bom yang terjadi pada pukul 11.40 siang waktu setempat itu. Baik dari kelompok Taliban maupun Islamic State (IS) di Afghanistan Timur, yang sebelumnya mengklaim serangan di Kabul.

Para pejabat mengatakan bahwa pelaku bom bunuh diri meledakkan bom untuk memasuki gedung dan kompleks pemerintahan yang dijaga ketat di pusat kota Kabul.

Seorang juru bicara kementerian dalam negeri, Nasart Rahimi mengatakan bahwa para petugas keamanan telah menembak dan membunuh dua pembom bunuh diri lainnya, sebelum para penyerang mencapai targetnya dari kantor pos pusat terdekat.

Ledakan itu terjadi setelah beberapa bulan tenang di Kabul, yang bertepatan dengan pembicaraan antara AS dan pejabat Taliban. Mereka merundingkan perdamaian formal untuk mengakhiri peperangan yang telah berlangsung selama lebih dari 17 tahun.

Kementerian Komunikasi terletak di distrik polisi kedua Kabul, yang merupakan salah satu tempat tersibuk di kota itu. Berjarak sekitar dua kilometer dari zona hijau.

Ledakan tersebut dekat dengan Hotel Serena yang dijaga ketat oleh petugas. Hotel ini merupakan salah satu hotel di area komersial pusat kota Kabul yang masih digunakan oleh tamu asing. (RM)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan