Kawal Pemilu 2019 Banyak Temukan Data C1 Palsu

Kawal Pemilu 2019 Banyak Temukan Data C1 Palsu

Kawal Pemilu 2019 banyak menemukan data C1 palsu. Hal itu ditujukan untuk menggelembungkan suara.

Kawal Pemilu 2019 Banyak Temukan Data C1 Palsu, ini Tanda yang Asli

Konten.co.id – Lembaga independen Kawal Pemilu mengatakan kalau situsnya menerima banyak data C1 palsu. Penemuan tersebut berawal dari pengamatan anggota lembaga dari unggahan data yang dikirim ke situs KawalPemilu.org.

Dikutip dari cuitan @KawalPemilu2019 di Twitter pada Sabtu (20/4/2019), Kawal Pemilu mencuitkan adanya temuan C1 palsu.

Secara sederhana data C1 didapatkan dari pengumpulan formulir yang berisi perhitungan suara satu TPS.

“Banyak DATA C1 terindikasi PALSU yang di-upload ke situs perhitungan real count @KawalPemilu2019, dengan ciri-ciri tidak ada hologram dan penggelembungan jumlah suara yang melampaui jumlah pemilih di TPS tersebut, misalnya 500-an lebih suara,” tulis Kawal Pemilu.

Tim inti dan admin @KawalPemilu2019 melakukan rekonsiliasi mendadak tadi malam hingga dini hari terkait dengan sejumlah kejanggalan yang kami temukan di lapangan menurut pengamatan kami sendiri serta laporan dari para moderator.

“Selain itu indikasi upaya-upaya perusakan data di situs perhitungan real count @KawalPemilu2019 juga dengan cara upload ratusan foto C1 yang sama-bisa sampai 200 foto! di TPS2 yang sama dan upload foto-foto non C1 dengan jumlah yang lumayan banyak ke berbagai TPS,” lanjutnya.

Banyak DATA C1 terindikasi PALSU yang di-upload ke situs perhitungan real count @KawalPemilu2019 , dengan ciri-ciri:

  • TIdak ada hologram
  • Penggelembungan jumlah suara yang melampaui jumlah pemilih di TPS tersebut, misalnya 500-an lebih suara.

Kawal Pemilu lebih lanjut mengatakan kalau aksi tersebut sangat mempengaruhi penghitungan resmi yang sedang berlangsung, terutama soal verifikasi data.

Untuk mengantisipasi kecurangan, Kawal Pemilu mengimbau agar seluruh pihak memberikan data yang sah dan berintergritas untuk diunggah.

Mereka juga akan menyoroti pelbagai akun media sosial yang terindikasi mengacaukan proses penghitungan resmi Pemilu 2019.

Menanggapi cuitan Kawal Pemilu, sejumlah pengikut akun tersebut mengutarakan pendapat sekaligus pertanyaannya.

“Min, kasih contoh hasil upload C1 yg bener dong. Agak bingung bedain sm yg palsu,” tulis @VeryKrisnandana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka help desk atau layanan pengaduan agar masyarakat bisa melaporkan kesalahan dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) di situs resmi mereka.

Komisioner KPU Ilham Saputra, Sabtu (4/2019) mengatakan masyarakat bisa melaporkan kesalahan, seperti ketidaksesuaian pemasukan data dengan foto formulir C-1 di TPS, melalui WhatsApp maupun telepon.

Help desk KPU bisa dicapai melalui WhatsApp 0812 1177 2443, surat elektronik ke bagianteknis@kpu.go.id atau telepon di nomor 021-319 025 67 atau 021-319 025 77. Masyarakat juga bisa datang langsung ke kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng. (AI)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan