Katie Bouman, Ilmuwan Muda di Balik Gambar Lubang Hitam

Katie Bouman, Ilmuwan Muda di Balik Gambar Lubang Hitam

Di balik penemuan gambar lubang hitam tidak terlepas dari sosok ilmuwan muda yang berbakat.

Katie Bouman salah satu Ilmuwan muda yang ikut meneliti dan membuat gambar lubang hitam

Konten.co.id – Gambar lubang hitam yang telah dipublikasikan, tidak terlepas dari usaha para peneliti. Katie Bouman merupakan salah satu dari 200 peneliti yang berkontribusi dalam proyek gambar pertama lubang hitam. 

Sebelum dirilis, Bouman dan peneliti lainnya bekerja sama untuk mengumpulkan massa data yang mereka harapkan dapat berubah menjadi sebuah gambar lubang hitam. Untuk melakukan itu, tim membutuhkan alogaritme untuk dapat menyaring semua infromasi yang berantakan menjadi sebuah bentuk yang dapat dipahami.

Dilansir dari Time, dalam mengerjakan proyek ini, Bouman masih berstatus sebagai mahasiswi pascasarjana jurusan ilmu komputer di Massachussets Institute of  Technology (MIT) dan asisten profesor di California Institute of Technology (Caltech).

Ilmuwan wanita muda ini merupakan pemimpin tim untuk merancang alogaritma yang akan mengarah pada gambar lubang hitam. Melalui upayanya bersama ilmuwan diseluruh dunia, gambar lubang hitam pertama yang berada di galaksi Messier 87 ini dapat dirilis pada hari Rabu (10/4/2019).

Lubang hitam merupakan objek yang sangat jauh dan padat, sehingga untuk mendapatkan gambarnya sangatlah tidak mudah. Banyak alogaritme yang dikembangkan untuk mendapatkan beragam kemungkinan hingga bisa membangun kepercayaan diri para peneliti.

Menurutnya walaupun dia bekerja di tempat yang minoritas wanita dan meneliti semua hal tidak terlihat lainnya yang mungkin akan terlihat dengan kombinasi yang tepat antara perangkat keras dan perangkat lunak, Bouman akan tetap bekerja di Event Horizon Telescope. 

“Selama Anda bersemangat dan termotivasi untuk mengerjakannya, maka seharusnya Anda  tidak merasa seperti Anda tidak bisa melakukannya,” pesannya kepada generasi berikutnya yang mungkin menginginkan karir seperti dirinya. 

Dilansir dari CNN, seorang peneliti Vincent Fish mengakui bahwa Bouman memiliki kontribusi penting pada bagian proses pembentukan gambar tersebut. Misalnya, dia dapat menggambarkan area lubang hitam dengan tajam. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *