Julian Assange Didakwa Atas Peretasan Informasi Rahasia AS

Julian Assange Didakwa Atas Peretasan Informasi Rahasia AS

Julian Assange ditangkap karena telah berkonspirasi untuk meretas dan membocorkan informasi rahasia Amerika. 

Meretas Rahasia AS, Pendiri WikiLeaks Ditangkap oleh Polisi Inggris

Konten.co.id – Pendiri situs WikiLeaks Julian Assange ditangkap pada Kamis (11/4/2019) di London, setelah suaka tujuh tahunnya dicabut pemerintah Ekuador. Assange ditangkap di bawah perjanjian ekstradisi antara AS dan Inggris.

Dilansir dari CBS News, Assange ditangkap secara dramatis di Kedubes Ekuador, setelah hidup di bawah perlindungan diplomatik dengan Ekuador selama bertahun-tahun. Assange ditangkap karena suaka politiknya dicabut dan telah melanggar jaminan dari pemerintah Inggris.

Assange bisa menghadapi hukuman 5 tahun penjara dengan tuduhan konspirasi pembobolan komputer, terkait pembocoran berkas-bekas atau infromasi rahasia yang dilakukannya bersama WikiLeaks sejak didirikan pada tahun 2006.

Banyak pihak yang menyebutkan bahwa Assange merupakan pejuang transparansi pemerintah dan kebebasan pers. Salah satunya adalah pembocoran dokumen rahasia militer Amerika Serikat mengenai aksi perang Irak dan Afghanistan pada tahun 2010.

Pada tahun 2012, Assange mencari perlindungan dan tinggal di Kedubes Ekuador London untuk menghindari ekstradisinya ke Swedia atas tuduhan kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan. Namun surat penangkapan telah dicabut oleh pengadilan Swedia tahun 2017 lalu. Dia juga menghindari ekstradisi ke AS.

Pada tahun 2016, pemerintah Ekuador memutus aksesnya ke internet setelah WikiLeaks membocorkan ribuan email dari kampanye kepresidenan milik Hilary Clinton. Pemerintah mengatakan bahwa mereka berusaha memastikan agar Assange tidak bisa mencampuri urusan negara lain.

Pria berumur 47 tahun itu mengenakan setelan baju warna hitam dan mengatakan bahwa menurutnya penangkapan itu melanggar hukum. Assange awalnya di bawa ke kantor polisi pusat di London sebelum dibawa ke Pengadilan Wesminster Magistrates. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *