India Jalankan Pemilu Selama 6 Minggu

India Jalankan Pemilu Selama 6 Minggu

Dengan jumlah pemilih yangmencapai 900 juta orang, pemilu India akan berlangsung hingga 6 minggu lamanya.

Tercatat 900 Juta Pemilih, India Jalankan Pemilu Selama 6 Minggu

Konten.co.id – Pada hari Kamis (11/4/2019) warga India berkewajiban untuk memberikan suara pada pemilu Perdana Menteri 2019. Pemilu India menjadi pemilu terbesar di dunia yang ikuti oleh 900 juta warga.

Dilansi dari BBC, pemilu tahun ini akan dilaksanakan tujuh tahapan. Hari Kamis (11/4/2019) menandai tahap pertama pemilu yang akan diikuti oleh kurang lebih 142 juta warga India. Pelaksanaan pemilu akan diselenggarakan dari tanggal 11 April sampai 19 Mei 2019, karena luasnya negara tersebut.

India pertama kali melaksanakan pemilu pada tahun 1951-1952, setelah merdeka dari Inggris pada tahun 1947. Antara tahun 1962 dan 1989, pemilu dapat diselesaikan dalam waktu 4-10 hari. Pemilu yang berlangsung selama empat hari pada tahun 1980 menjadi pemilu terpendek di negara tersebut.

Pemerintah menyediakan satu juta TPS yang tersebar di penjuru India. Negara tersebut menyelenggarakan pemilu terbesar di dunia yang diikuti oleh 900 juta orang dengan waktu pelaksanaan kurang lebih 6 minggu. 

TPS di bagian timur India seperi Arunachal Pradesh yang berbatasan dengan Cina menjadi yang pertama dibuka. Bahkan di Assam, antusiasme warga terlihat dari antrian yang telah terbentuk 45 menit sebelum TPS dibuka.

Pasukan keamanan bersiaga di TPS untuk mencegah kerusuhan atau bahaya lainnya yang akan mengancam proses pemilu, seperti penyerangan para tersangka pemberontak Maois yang menewaskan seorang anggota parlemen dan lima orang lainnya yang terjadi minggu ini.

Penghitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2019 dan kemungkinan hasilnya akan diumumkan di hari yang sama. Ribuan kandidat akan bersaing memperebutkan 543 kursi parlemen di seluruh India.

PM Narendra Modi dan Partainya Bharatiya Janata diperkirakan akan memenangkan 273 dari 543 kursi parlemen yang diperebutkan. Ada total 545 kursi parlemen, dua diantaranya ditunjuk oleh presiden, sementara sisanya diperebutkan. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan