Hindari Pemborosan, Malaysia Gelar Aksi Ramadhan Tanpa Sampah

Hindari Pemborosan, Malaysia Gelar Aksi Ramadhan Tanpa Sampah

Jumlah limbah makanan tinggi, Pemerintah Malaysia minta warga mengubah sikap.

Pemerintah Menggelar Kampanye Malaysia Tanpa Sampah Guna Meminimalisir Limbah Makanan

Konten.co.id – Malaysia luncurkan gerakan Ramadan Tanpa Sampah. Kampanye ini diluncurkan karena tingginya sampah makanan dan pengeluaran alokasi keuangan yang besar setiap tahunnya di Malaysia. 

PM Datuk Seri Dr Mujahid Yusof mengatakan bahwa jumlah sampah makanan di negara itu menjadi salah satu sorotan utama. Bahkan Pemerintah harus mengeluarkan dana lebih dari Rp 6 Triliun hanya until Diduga Mata-mata Rusia, Paus Beluga Dekati Nelayan Norwegia sampah pada tahun 2017.

Menurut laporan Lemabaga Penelitian dan Pengembangan Pertanian Malaysia, orang-orang membuang 15.000 ton makanan per harinya. 3000 ton diantaranya masih dengan kondisi yang cukup baik untuk tidak dibuang begitu saja. 

Sebagai langkah pencegahan meningkatnya sampah makanan yang dapat mencemari lingkungan, pemerintah setempat meminta warga untuk mengubah sikap dan berpikir 10 kali sebelum membeli makanan di bulan Ramadan tahun ini. 

Keadaan ini lebih buruk lagi ketika menjelang bulan Ramadhan. Sampah makanan meningkat 15 hingga 20 persen dari jumlah biasanya.

Dilansir dari thestar.com, kampanye ini ikut dihadiri oleh beberapa tokoh penting Malaysia, diantaranya Datuk Raja Kamarul Bahrin Shah (Deputi Perumahan dan Menteri Pemerintah Daerah, Ibni Raja Ahmad Baharuddin Shah (Dirjen Pengembangan Islam Malaysia-Jakim), Datuk Mohamad Nordin Ibrahim, dan Prof Datuk Dr Azizan Baharuddin (Dirjen Institut Pemahaman Islam Malaysia). 

Jakim bekerja sama dengan Kementerian Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim untuk menyukseskan kampanye ini. 

Dalam acara tersebut, PM juga memberikan kucuran Dana sebesar Rp 24 miliyar kepada 724 komite masjid di Malaysia dan surat penetapan kepada 960 petugas zakat yang akan bertugas di 74 rumah zakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *