Hai Millennial! Pakai Tips Ini untuk Kesehatan Mental Kalian

Hai Millennial! Pakai Tips Ini untuk Kesehatan Mental Kalian

Jaga Kesehatan Mental Kaum Millennial, Ini Tips Agar Pikiran Tak Stres

Jaga Kesehatan Mental Kaum Millennial, Ini Tips Agar Pikiran Tak Stres

Konten.co.id – Pernyataan kaum milenial yang kelelahan hingga berada di titik jenuh bukanlah sesuatu yang baru. Mulai dari media sosial, ekonomi, ataupun gaya hidup menjadi salah satu penyebab generasi ini mengalami kelelahan atau stres.

Jadi bagaimana kita dapat menjaga kesehatan mental untuk dapat menjalani hidup dan menghadapi dunia dengan lebih baik?

Dilansir dari Health Line, kita dapat membuat ritual-ritual sederhana yang disukai untuk diterapkan pada jadwal keseharian kamu dalam menjaga kesehatan mental. Seperti membuat catatan harian atau melakukan yoga di kamar dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan ritual kesehatan mental kamu sendiri.

Berani berkata TIDAK

Menggunakan kata tidak dapat mencegah kamu dari kehabisan tenaga sepanjang minggu. Kamu harus bisa berkata tidak jika merasa terlalu banyak beban di tempat kerja atau dalam hubungan sekitar kamu. Penting untuk mengetahui hal-hal yang menjadi batasan kamu, kata tidak dapat membantu kamu membangun batasan dalam hubungan.

Berkata tidak bisa jadi akan menutup beberapa pintu. Namun, bukan berarti tidak bisa membuka pintu-pintu lain. Berkata tidak membuat Anda keluar dari zona nyaman dan lebih menghargai diri sendiri.

Membuat catatan harian

Ini adalah salah satu cara yang sangat sederhana dan ekonomis untuk menjaga kesehatan. Menulis jurnal dapat membantu kamu mengatasi kecemasan, stres, dan depresi.

Selain itu, catatan harian dapat menjadi sebuah pelacak kondisi kesehatan kamu di setiap harinya, yang mungkin akan membuat kamu mengenali pemicu stres dan mempelajari cara-cara untuk mengendalikannya.

Melakukan yoga di rumah atau kamar

Dengan bermodalkan internet, kamu dapat memanfaatkan Youtube untuk mencari video-video yoga yang dapat kamu lakukan di dalam rumah atau kamar tanpa perlu repot-repot pergi ke studio olahraga untuk membantu menenangkan mental, tubuh, dan pikiran.

Mencatat momen bahagia

Kamu bisa mencatat momen bahagia atau positif yang terjadi disepanjang hari dalam catatan kecil atau kertas kecil yang digulung dan dimasukkan kedalam botol seperti pesan dalam botol. Saat kamu merasa sedih atau stres, kamu bisa melihat catatan tersebut, yang mungkin akan membuat bahagia atau membuat emosi kembali stabil.

Membuat akun palsu

Media sosial bisa menjadi anugrah bahkan kutukan bagi kita. Tetapi jika kamu merasa tertekan untuk mempertahankan tampilan yang sempurna di media sosial, maka akun palsu mungkin cocok untuk kamu.

Ini semacam akun media sosial kedua yang dapat digunakan sesuka hati. Akun ini dapat membantu kamu berbicara dengan bebas tanpa rasa takut akan penilaian rekan kerja, keluarga, atau teman-teman, sehingga dapat membantu Anda mengeluarkan isi pikiran agar bisa merasa lebih baik. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *