Gereja Notre Dame Terbakar, 400 Petugas Damkar Diterjunkan

Gereja Notre Dame Terbakar, 400 Petugas Damkar Diterjunkan

Kebakaran melanda bangunan gereja Notre Dame di Prancis, yang merupakan situs warisan dunia. Api melahap bagian atap.

Gereja Simbol Kota Paris Terbakar, Ratusan Pemadam Dikerahkan

Konten.co.id (Prancis) – Notre Dame de Paris hancur terbakar pada hari Senin (15/4/2019) sekitar pukul 18.45 waktu setempat. Hingga saat ini petugas pemadam berjibaku untuk memadamkan api.

Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api. Api menghancurkan sebagian monumen Gotik berusia 850 tahun, yang merupakan simbol spiritual Ibukota Prancis.

Kebakaran menghancurkan struktur bangunan yang menyebabkan atap dan puncak menara runtuh. Tetapi menurut petugas kebakaran Prancis mengatakan bahwa mereka telah menyelamatkan dua menara lainnya, seperti laporan dari CNBC News. 

Kantor kejaksaan Paris telah melakukan penyelidikan atas kebakaran yang melanda katedral bersejarah itu. Jaksa penuntut menemukan bahwa kebakaran besar itu terjadi secara tidak sengaja. 

Para wisatawan dan warga Paris yang berada dan tinggal di dekat katedral, Ile de la Cite di Paris, dievakuasi karena khawatir jika bangunan itu runtuh. 

Media Prancis melaporkan bahwa kebakaran itu mungkin berkaitan dengan pekerjaan renovasi yang dilakukan di bangunan itu. Para pekerja sedang berjuang untuk menyelamatkan semua karya seni yang berada di dalam bangunan abad ke-12 itu. Polisi belum menerima laporan adanya korban jiwa dalam kebakaran itu.

Presiden AS Donald Trump ikut berkomentar atas kebakaran yang melanda situs warisan dunia itu. Dia menyebut kebakaran itu seperti peristiwa yang mengerikan. Dia juga menyarankan agar kebakaran tersebut segera dipadamkan.

“Sangat mengerikan untuk melihat kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Paris. Mungkin tangker air terbang dapat digunakan untuk memadamkan api. Harus bertindak cepat!” tulis Trump dalam akun twitternya pada Selasa (16/4/2019) yang dikutip dari VoA. 

Ibu negara AS Melania Trump juga menulis di twitter. Dia ikut berbela sungkawa atas kebakaran tersebut dan berdoa untuk keselamatan semua orang yang berada di sekitar Notre Dame. (RM)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *