Felda Ditipu Najib Rajak Rp 7,1 Triliun

Felda Ditipu Najib Rajak Rp 7,1 Triliun

Najib Razak dituding telah menipu Felda dalam kasus investasi di perusahaan Indonesia senilai Rp 7,1 Triliun.

Investasi di Perusahaan Indonesia, Felda Ditipu Najib Rajak Rp 7,1 Triliun

Konten.co.id – Lembaga Kemajuan Tanah Persekutuan (Felda) mengatakan bahwa Najib Razak telah menipu mereka untuk menginvestasikan 2,07 miliar ringgit Malaysia atau sekitar Rp 7,1 triliun ke perusahaan Indonesia, Eagle High Plantations TBK (EHP).

Dilansir dari The Star Malaysia, Direktur Jenderal Felda Othman Omar melaporkan pada Senin (8/9/2019) bahwa jumlah yang dibayarkan untuk mengakuisisi 37% saham di perusahaan Indonesia adalah 344% lebih tinggi dari nilai sebenarnya yang sebesar RM 466,9 juta atau sekitar Rp 1,6 miliar. 

EHP merupakan bagian dari Grup Rajawali yang dimiliki oleh Peter Sondakh, yang diklaim Othman dekat dengan Najib. Othman juga mengatakan bahwa Felda telah mengambil pinjaman sebesar RM 4.8 miliar atau sekitar Rp 16,5 triliun untuk membiayai kesepakatan dari Govco Holdings Bhd (GovCo), anak perusahaan Kementerian Keuangan yang kemudian dipimpih oleh Najib.

Dia mengklaim Najib mengarahkan Felda pada 2015 melalui FIC Properties Sdn Bhd untuk berinvestasi di EHP, setelah sebelumnya mendekati FGV Bhd milik Felda, Dewan Perkebunan Minyak Malaysia (MPOB), dan Dewan Karet Malaysia (MRB)

Othman mengatakan bahwa kesepakatan yang ditandatangani oleh ketua Felda saat itu, Tan Isa Samad bersifat sepihak dan riskan, karena EHP memiliki hutang sekitar RM 2,24 miliar atau sekitar Rp 7.7 triliun pada tahun 2014 dan kewajiban sebesar RM 2,8 miliar atau sekitar Rp 9,6 triliun. (RM)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *