Diduga Mata-mata Rusia, Paus Beluga Dekati Nelayan Norwegia

Diduga Mata-mata Rusia, Paus Beluga Dekati Nelayan Norwegia

Paus beluga memakai harness berkamera ditemukan di perairan Norwegia, diyakini sebagai alat mata-mata Rusia.

Seekor Paus Ber-harness Mendekati Nelayan di Perairan Norwegia.

Konten.co.id – Seekor paus beluga ditemukan dengan harness yang ketat di badannya oleh seorang nelayan Norwegia. Pejabat Norwegia berspekulasi bahwa beluga itu mungkin berasal dari fasilitas militer Rusia.

Seorang nelayan, Joar Hesten, di Kutub Utara pada hari Jumat (26/4/2019) melaporkan kepada Joerhen bahwa ditemukan paus putih jinak dengan harness dan kamera di perairan Norwegia. Joar dibantu oleh Joerhen untuk melepaskan harness dari badan beluga tersebut.

Seorang profesor dari Universitas Arktik Norwegia, Audun Rikardsen, mengetahui bahwa angkatan laut (AL) Rusia memiliki paus di penangkaran dan beberapa di antaranya telah dibebaskan. Rusia memiliki fasilitas militer utama di sekitar Murmansk di Semenanjung Kola, ujung barat laut Rusia. 

Dilansir dari Daily Mail, belum ada penjelasan resmi dari Moskow, tetapi Kementerian Pertahanan Moskow sebelumnya pernah mengakui bahwa mereka melakukan percobaan menggunakan mamalia ini untuk spionase. 

Rusia tidak memiliki sejarah menggunakan paus untuk keperluan militer, terapi Uni Soviet memiliki program pelatihan untuk lumba-lumba. 

Dilansir dari Time, Uni Soviet menggunakan pangkalan Di Sevatopol di Semananjung Krimea selama perang dingin untuk melatih mamalia laut. Tujuannya adalah untuk bisa mencari ranjau atau bahan peledak lainnya yang ditanam di dalam laut. 

Fasilitas di Krimea ditutup setelah jatuhnya Uni Soviet, meskipun sebuah laporan yang tidak bernama mengindikasikan pangkalan tersebut telah dibuka kembali setelah Rusia merebut paksa Krimea.

Pada tahun 2016 Rusia menerbitkan tender terbuka untuk membeli lima lumba-lumba. Tujuannya untuk program pelatihan, tetapi tender tersebut tidak menjelaskan lebih rinci pelatihan apa yang akan didapatkan oleh lima mamalia tersebut. (RM) 

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan