Buchari Muslim Tawarkan Visa Haji Furadah

Buchari Muslim Tawarkan Visa Haji Furadah

Ustadz Buchari Muslim ditangkap terkait dugaan penipuan visa haji. Dirinya melakukan modus penipuan dengan memberi visa furadah haji

Begini Modus Penipuan Visa Haji oleh Buchari Muslim

Konten.co.id – Pendiri PA 212 Buchari Muslim ditangkap terkait dugaan penipuan visa haji. Korban mengalami kerugian hingga USD 136.500. Sosoknya sebagai ustadz dipercaya korban, bahkan saat dirinya menawarkan visa furadah haji

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan modus penipuan visa haji yang dilakukan pendiri PA 212 Buchari Muslim.

Dikatakan awalnya korban mengenal Buchari dalam kegiatan pengajian di suatu tempat. Kebetulan, saat itu korban hendak mengurus visa haji untuk jamaahnya.

Sosok Buchari sebagai seorang ulama dan sering ceramah, membuat korban percaya. Hingga akhirnya, korban dan Buchari bertemu untuk menyerahkan uang untuk pengurusan visa haji seperti yang dijanjikan Buchari.

Pendiri PA 212 Buchari Muslim ditangkap terkait dugaan penipuan visa haji. Korban mengalami kerugian hingga USD 136.500.

“Tapi kuota haji saat itu sudah habis, sehingga terlapor menawarkan bahwa dapat membantu untuk mengurus visa haji furodah untuk haji,” kata Kombes Argo dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).

“Kemudian pelapor dan terlapor bertemu di depan kantor kedutaan untuk menyerahkan paspor dan uang sejumlah USD 136.500 beserta 27 buah paspor untuk diurus visa furodahnya,” sambungnya.

Transaksi tersebut dilakukan di atas mobil Buchari, tanpa tanda terima. Buchari juga menyanggupi visa haji tersebut selesai dalam tempo 3 hari.

“Setelah 3 hari terlapor tidak ada kabar, kemudian pelapor meminta tolong kepada saksi atas nama Syeikh AJ untuk menghubungi pelapor dan bertemu di rumah Syeikh AJ, dan saat itu dibuat surat pernyataan dan kuitansi penerimaan uang dan 27 buah paspor tersebut yang isinya bahwa terlapor sudah menerima uang sebesar USD 136.500 dan paspor sebanyak 27 buah untuk diurus visa haji furodah,” paparnya.

Akan tetapi setelah itu tidak ada lagi kejelasan. Hingga korban melapor ke polisi, visa haji furodah tidak kunjung selesai.

Buchari juga saat itu tidak mengakui telah menerima uang USD 136.500 dari korban. Buchari hanya mengakui telah menerima 27 paspor dari korban. (AI)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan