BPS: Inflasi Dipicu Naiknya Tiket Pesawat

BPS: Inflasi Dipicu Naiknya Tiket Pesawat

Kenaikan tiket pesawat sebabkan inflasi di tanah air. BPS mencatat inflasi mencapai 3,03 persen.

Kenaikan Tiket Pesawat Jadi Biang Kerok Terjadinya Inflasi

Konten.co.id (Jakarta) – Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2019 terjadi inflasi 0,11%. Sementara inflasi secara year on year (yoy) mencapai 3,03%. Hal tersebut berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagaimana dilansir CNBC Indonesia.

Salah satu sebab inflasi terjadi karena kenaikan harga tiket pesawat yang diberlakukan oleh sejumlah maskapai penerbangan domestik.

Kita tahu tarif angkutan udara mengalami kenaikan yang tidak biasa. Tetapi kemarin sudah keluar peraturan menteri perhubungan

Berdasarkan data otoritas statistik, kenaikan tarif angkutan udara menyumbang terhadap inflasi 0,03%. Tarif angkutan udara merupakan komponen transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang dipergunakan BPS membentuk angka inflasi.

“Kita tahu tarif angkutan udara mengalami kenaikan yang tidak biasa. Tetapi kemarin sudah keluar peraturan menteri perhubungan,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers, Senin (1/4/2019).

“Mudah-mudahan itu akan membuat tarif angkutan udara lebih stabil. Ini yang menjadi salah satu membuat inflasi Ambon jadi tinggi,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, inflasi tertinggi terjadi pada bulan Maret 2019 di Ambon sebesar 0,86%, hal ini disebabkan kenaikan harga tarif angkutan udara sejumlah maskapai penerbangan domestik.

Selain dari tarif angkutan udara, inflasi Maret disebabkan kenaikan tarif kontrak rumah, upah pembantu rumah tangga, serta kenaikan harga emas.

Biasanya, Inflasi disebabkan sejumlah kenaikan harga komoditas makanan, pada bulan ini justru dipengaruhi oleh kenaikan tarif angkutan udara.

Bahan makanan terjadi deflasi 0,01%. Tidak berikan andil terhadap inflasi,” jelas Suhariyanto

Suhariyanto mengungkapkan, sementara itu komoditas yang mengalami penurunan harga di antaranya harga beras, daging ayam ras, ikan segar. “ini justru mendorong terjadinya deflasi di mana mencapai -0,03%,” katanya.

Sedangkan untuk komoditas bahan makanan lain seperti telur ayam ras, serta beberapa sayuran seperti tomat dan wortel juga mengalami penurunan dan berdampak ke inflasi (ME)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan