Boeing 737 MAX Dilarang, Harga Tiket Pesawat Akan Meroket

Boeing 737 MAX Dilarang, Harga Tiket Pesawat Akan Meroket

Dampak pelarangan Boeing 737 MAX terbang. Sejumlah maskapai akan menaikan tarif tiket pesawat.

Siap-siap, Harga Tiket Pesawat Akan Naik

Konten.co.id (Jakarta) – Dampak dari larangan terbang pesawat Boeing 737 Max dinilai akan terasa dan memburuk di kuartal kedua tahun ini, menurut lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings.

Hal tersebut terjadi karena di kuartal tersebut akan terjadi kenaikan permintaan perjalanan secara musiman. Penundaan pengiriman pesawat-pesawat 737 Max bila proses sertifikasi ulang ternyata lebih panjang dari perkiraan akan berdampak pada kondisi keuangan maskapai, tulis Fitch dalam keterangan resminya, dilansir CNBC Indonesia, Jumat (5/4/2019).

Sejumlah maskapai yang tidak bergantung pada pesawat-pesawat 737 Max kemungkinan akan diuntungkan lantaran kompetitornya bergulat untuk mengganti armada mereka yang di-grounded dengan model pesawat lain, yang tarif sewanya sepertinya akan meningkat, sehingga mendorong harga tiket naik.

Beberapa maskapai Asia yang mengoperasikan 737 Max dan saat ini seperti Spice Jet dari India, Lion Air, Silk Air dan Fiji Airways dari Singapura sedang mengandangkan armada bermasalahnya itu. Jenis jet tersebut tercatat mencapai 10% dari jumlah total armada maskapai-maskapai tersebut.

“Di sebagian besar pasar, pelarangan terbang bagi model tersebut baru berdampak secara terbatas terhadap kinerja dan harga tiket maskapai, terbantu oleh permintaan yang rendah secara musiman di kuartal pertama dan pengerahan kapasitas cadangan maskapai,” jelas Fitch.

“Namun, situasi ini dapat memburuk di kuartal kedua 2019 saat permintaan perjalanan udara meningkat secara substansial di bulan-bulan musim panas,” tambahnya.

Sementara itu, sejumlah maskapai yang tidak bergantung pada pesawat-pesawat 737 Max kemungkinan akan diuntungkan lantaran kompetitornya bergulat untuk mengganti armada mereka yang di-grounded dengan model pesawat lain, yang tarif sewanya sepertinya akan meningkat, sehingga mendorong harga tiket naik.

Fitch memaparkan kondisi industri penerbangan India yang telah mengalami kenaikan tajam harga tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir akibat terbatasnya suplai yang diperburuk dengan larangan terbang Boeing 737 Max.

Akibatnya, Fitch memperkirakan pertumbuhan pendapatan penumpang per kilometer yang telah turun menjadi 12,4% di Januari akan terus turun hingga persediaan penerbangan bertambah. (ME)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *