Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos Bukan Hoaks

Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos Bukan Hoaks

Bawaslu RI menyebut jika video viral terkait pencoblosan surat suara presiden dan wakil presiden di Malaysia bukan kabar bohong. Bawaslu pun meminta KPU segera bertindak.

Surat Suara Tercoblos di Malaysia Dibenarkan Bawaslu

Konten.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan jika video surat surat pemiliahan presiden dan wakil presiden (PPWP) bukan hoaks. Temuan itu ditemukan Bawaslu Malaysia dengan surat suara paslon 01, Jokowi-Ma’ruf sudah tercoblos.

Bawaslu mendesak KPU untuk mengevaluasi proses pemungutan suara di Malaysia.

“Kami minta ada evaluasi PPLN di Malaysia. Sudab terbukti PPLN tak bertugas dengan benar sampai ada surat suara yang sudah dicoblos,” ujar anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar seperti dilansir dari Merdeka.com, Kamis (11/4/2019).

Fritz mengatakan, langkah cepat Bawaslu terkait temuan itu membuat rekomendasi kinerja PPLN di Malaysia dengan menghentikan sementara pemungutan suara di seluruh wilayah Malaysia. 

Bawaslu mengendus ada kegiatan terstruktur masif dan sistematis kepada bentuk kecurangan Pemilu.

“Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di Seluruh Malaysia. Sampai duduk perkara dari temuan tersebut jelas,” katanya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan, pihaknya masih mendalami video yang beredar soal surat suara tercoblos di Malaysia, untuk Paslon 01. 

Menurut Ilham, pihaknya tengah mengecek kebenaran video viral di Malaysia itu. KPU pun tengah melakulan pleno.

“Kami sedang cek kebenarannya dan kejadian persisnya ke Pokja panitia pemilihan luar negeri (PPLN),” kata Ilham dalam keterangan tertulis.

Presiden yang juga capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) bereaksi terkait adanya kabar viral soal surat suara yang sudah tercoblos di Malaysia. Jokowi meminta agar kebenaran video itu segera diperiksa.

“Ya dicek saja. Kalau benar dan itu merupakan pelanggaran, laporkan saja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok, enggak usah diangkat isu-isu yang nggak jelas,” ujar Jokowi. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *