Api melahap 3 Gereja Kulit Hitam AS

Api melahap 3 Gereja Kulit Hitam AS

Tiga gereja secara berturut-turut mengalami kebakaran. Petugas curiga ada pelaku yang sengaha melakukan pembakaran.

Gereja Kulit Hitam di Amerika Terbakar, Aparat Curiga Disengaja

Konten.co.id (Amerika Serikat) – Tiga gereja bersejarah milik orang kulit hitam di Louisiana, secara mencurigakan dibakar dalam kurun waktu dua minggu. Pihak kepolisian setempat sedang menyelidiki kasus kebakaran tersebut.

Kebakaran pertama terjadi pada tanggal 26 April 2019 di Gereja Baptis St. Mary di Port Barre dan yang kedua terjadi pada tanggal 2 April 2019 di Gereja Baptis Greater Union di Opelousas. Pada hari Kamis (4/4/2019) pagi, Gereja Baptis Mout Pleasant di Opelousas juga ikut terbakar.

Seorang petugas pemadam kebakaran Marshal H Browning mengatakan bahwa tiga kebakaran ini memiliki beberapa pola yang sama, walaupun dia tidak mengonfirmasi apakah kebakaran ini ada hubungannya satu sama lain atau merujuk pada seseorang maupun kelompok. Memiliki serangkaian peristiwa kebakaran dalam waktu yang singkat sangat wajar jika dianggap bukan hal yang biasa. 

Gereja-gereja tersebut dalam keadaan kosong saat terjadi kebakaran, sehingga tidak ada korban jiwa. Api membakar hampir keseluruhan interior dalam gereja, sedangkan bangunan masih tetap berdiri kokoh. 

Dilansir dari Daily Mail, FBI dan Badan Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak ikut terlibat dalam penyelidikan kasus ini. Pihak kepolisian telah mengingkatkan keamanan terhadap gereja-gereja lainnya di Louisiana. 

Menurut data dari National Fire Prevention Association, ada 1.660 kebakaran di properti keagamaan dan pemakaman pada tahun 2011. Ini termasuk gereja, kuil, masjid, fasilitas pendidikan agama, ruang duka dan properti lainnya.

Rasisme telah memotivasi serangan sebelumnya terhadap gereja-gereja hitam, seperti halnya ketika supremasi kulit putih Dylann Roof membunuh sembilan jemaat di sebuah gereja hitam di Charleston pada 2015. (RM)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan