Antisipasi Sengketa, BPN Siapkan Advokat tingkat Kecamatan

Antisipasi Sengketa, BPN Siapkan Advokat tingkat Kecamatan

Sebagai langkah jaga-jaga  terjadinya sengketa Pemilu, Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi menyiapkan Advokat sampai di tingkat Kecamatan. 

Antisipasi Sengketa Pemilu, BPN Siapkan Advokat di Tiap Kecamatan

Konten.co.id (Jakarta) – Antisipasi sengketa pemilu saat proses penghitungan suara, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyiapkan satu advokat di setiap kecamatan.

“Semua kecamatan dan TPS adalah prioritas, karena satu suara sangatlah penting, makanya disiapkan setiap kecamatan,” kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad, dilansir Antara, Kamis (11/4).

Para Advokat yang disiapkan di tiap kecamatan ditujukan agar sengketa bisa diselesaikannya di tingkat terbawah, sehingga tidak perlu bergulir sampai ke KPU RI.

Semua kecamatan dan TPS adalah prioritas, karena satu suara sangatlah penting, makanya disiapkan setiap kecamatan

“Dari pemilu ke pemilu biasanya memang ada sengketa, seperti kekeliruan penghitungan dan lainnya, dan kita ingin persoalan ini bisa diatasi segera tak usah dibawa ke pleno-pleno selanjutnya,” kata Dasco.

Sebagai upaya pematangan persiapan tenaga advokat, Direktorat Advokasi dan Hukum BPN melakukan rapat konsolidasi di Hotel Sultan pada Kamis malam.

Ada beberapa agenda yang dibahas dalam rapat tersebut, diantaranya cara penanganan, pemetaan potensi-potensi serta daerah yang rawan sengketa.

Tidak hanya itu, BPN juga membahas bagaimana advokat ini nantinya di tingkat kecamatan berkonsolidasi dengan para saksi dan relawan, baik dari BPN maupun partai koalisi sehingga proses penanganan sengketa lebih efektif. (ME) 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *