Adu Strategi di Debat Kelima Capres Cawapres 2019

Adu Strategi di Debat Kelima Capres Cawapres 2019

Pada debat kelima kedua paslon sudah siap dan akan adu kebijakan.

Adu Strategi dan Kebijakan di Debat Kelima Capres Cawapres 2019

Konten.co.id – Debat Kelima calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) Pilres 2019 dipastikan akan lebih seru. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tema soal ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi serta perdagangan dan industri.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago menyatakan bila paslon nomor urut 01 ini sudah siap menghadapi debat capres kelima.

Sementara Anggota TKN, Eva Kusuma Sundari menyakini jika dalam debat kelima yang akan berlangsung nanti malam Jokowi dan Ma’ruf Amin akan unggul dari Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.  Eva meyakini hal itu dikarenakan menurutnya paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi lebih banyak mengeluarkan jargon dibandingkan dengan program.

“Pak prabowo dan pak Sandi berhenti di jargon lalu menemukan masalah tidak bisa menyelesaikan. Pak sandi lebih payah ok-oce selalu dipamerkan padahal di Jakarta ok-oce gagal total,” tutur Eva dilansir Okezone.com, Sabtu (13/4/2019)

Sementara Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, mengaku pasangan tersebut tidak mempunyai persiapan khusus, karena dianggap sudah menjadi isu utama yang diusung. Andre menekankan agar pasangan Prabowo-Sandi dalam debat pamungkas ini tak akan tampil secara menyerang.

Hanya saja akan menyampaikan perbedaan-perbedaan program yang dimilikinya “Dua-duanya sudah menguasai materi. Insyallah beliau (Prabowo-Sandi) sudah memahami dan mengerti materi,” tuturnya.

“Jadi disampaikan saja perbedaan-perbedaan dengan pak Jokowi, soal pak Jokowi ekonomi tidak mampu 5 persen. Pak Jokowi masih import kita akan swasembada pangan. Jadi perbedaan-perbedaan itu ya yang disampaikan,” kata dia.

Pada debat kelima, TKN menyebut Jokowi- Ma’ruf lebih siap dan lebih siap dengan materi debat. Sementara BPN menyebut Prabowo- Sandi tidak ada perisapan khsus, karena materi pada debat kelima adalah masalah utama yang diusung pasangan tersebut.

Debat terakhir akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi TV One, ANTV, Berita Satu dan NET. Acara Debat Kelima Capres ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) pukul 20.00 WIB.

Komisioner KPU Viryan Azis memastikan pada debat kelima ini tidak ada perubahan format. Dua capres-cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berhadapan sama seperti debat pertama. Format dan mekanisme debat kelima tak berbeda dengan debat keempat.

Dalam debat terakhir ini akan ada enam sesi. Sesi pertama adalah penyampaian visi misi program oleh pasangan calon. Sesi kedua dan ketiga pendalaman visi misi, program melalui pertanyaan yang dibuat panelis. Sesi keempat dan ke-5 adalah debat antar kandidat dan sesi keenam adalah pernyataan penutup.

Debat kelima Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi bakal dipandu oleh moderator Tomy Ristanto dan Balques Manisang. KPU juga menyampaikan 10 panelis untuk Debat Kelima Pilpres 2019 ini seperti Mohammad Nasih (rektor Universitas Airlangga), Eddy Suratman (Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura) dan Arief Mufriani (Dosen FIB UIN Syarif Hidayatulla).

Selanjutnya, Suharnomo (Dekan FEB Universitas Diponegoro), Herman Karamoy (Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi) dan I Nyoman Mahaendra Yasa (Dekan FEB Universitas Udayana). Hanif Amali Rivai (Dekan FE Universitas Andalas), Dermawan Wibisono (Guru Besar SBM ITB), Tukiman Tarunasayoga (Dosen Community Development Unika Soegijapranoto, Undip dan UNS) dan Rachmi Hertanti (Direktur Eksekutif Indonesia For Global Justice). (AI)

Untuk menyaksikan debat kelima Capres Cawapres bisa klik link Live Streaming dibawah ini

KLIK DISINI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *