Warga Heboh, Mendadak Ada Air Terjun di Puncak Galunggung

Warga Heboh, Mendadak Ada Air Terjun di Puncak Galunggung

Video aliran air dari puncak Gunung Galunggung, Tasikmalaya menghebohkan warga. Air mendadak turun dan terlihat dari kejauhan.

Air Terjun Dadakan Kejutkan Warga di Kaki Gunung Galunggung

Konten.co.id (Tasikmalaya) – Warga di Kecamatan Sukaratu Tasikmalaya yang berada di kaki Gunung Galunggung dihebohkan dengan fonemena turunnya aliran air dari gunung. Padahal sebelumnya, warga tak pernah melihat aliran air tersebut.

Dalam video yang beredar, salah seorang warga meminta kewaspadaan karena adanya aliran air dari Gunung Galunggung. Video berdurasi 37 detik itu beredar di facebook.

Kemungkinan ada pengerusan dinding oleh aliran air dari kawah Guntur yang berada di atas dinding.

“Menurut info dari warga sini, ada air yang mendadak turun dari puncak Gunung Galunggung. Yang garis putih itu jalur air, luar biasa besarnya,” ujar warga dalam video tersebut, Kamis (28/3/2019).

Jalur air tersebut seperti air terjun. Dari kejauhan, air yang turun cukup deras.

Petugas Pos PVMBG, Yudi membenarkan jika ada air yang turun dari tebing. Namun menurutnya, jalur air itu sudah lama ada.

Kemungkinan ada pengerusan dinding oleh aliran air dari kawah Guntur yang berada di atas dinding.

“Tadi kami dari sana sebetulnya aliran air dari atas sana sudah berlangsung dari dulu. Cuma saat ini debit air lebih besar dikarenakan musim hujan,” ucapnya.

Aliran air dari Galunggung sangat kecil kemungkinan menimpa permukiman warga. Namun warga diimbau untuk tak turun ke kawah karena potensi longsor tinggi.

“Air yang mengalir itu tidak langsung masuk ke Sungai Cikunir dan Cibanjaran tapi masuk ke areal kawah Galunggung,” katanya. (FW)

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *