UNBK Dimulai, Ini Lima Aturan yang Tak Boleh Dilanggar

UNBK Dimulai, Ini Lima Aturan yang Tak Boleh Dilanggar

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan edaran terkati aturan pelaksanaan UNBK. Jangan sampai melanggar jika tak ingin lulus ujian.

Lima Pelanggaran Berat UNBK yang Bisa Buat Siswa Tak Lulus

Konten.co.id – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK mulai berlangsung, Senin (25/3/2019) hari ini. Siswa SMK menjadi kelompok pertama mengikuti UNBK hingga 28 Maret 2019.

Sementara siswa SMA/MA/SMAK baru akan mengikuti UNBK pada 1 April hingga 8 April 2019, dengan jeda beberapa hari di antaranya. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun telah mengeluarkan surat edaran Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaran Ujian Nasional

Pelanggaran terberat yang dilakukan peserta ujian dapat dikenakan sanksi dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan.

Di dalamnya, BSNP mengatur pula mengenai tata tertib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Termasuk, BSNP membagi beberapa kategori pelanggaran dan sanksi yang akan diberikan bila peserta UNBK melakukan pelanggaran.

Pelanggaran terberat yang dilakukan peserta ujian dapat dikenakan sanksi dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan.

Dikutip dari POS Pelaksanaan UNBK 2019 ada lima pelanggaran berat yang dapat menyebabkan peserta dikeluarkan dari ruang ujian dan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran tersebut.

Yaitu, membawa contekan ke ruang ujian. Kerja sama dengan peserta ujian. Menyontek atau menggunakan kunci jawaban

Selanjutnya meminta orang lain mengikuti ujian mengatasnamakan peserta ujian dan membawa alat komunikasi (HP), kamera, perangkat elektronik yang dapat merekam gambar atau alat elektronik lainnya yang tidak sah ke dalam ruang ujian. (AI)

12 aturan yang wajib dipatuhi peserta ujian

  1. Memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum ujian dimulai.
  2. Memasuki ruang ujian sesuai dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan.
  3. Yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti ujian setelah mendapatkan izin dari Ketua Panitia UN Tingkat Sekolah/Madrasah, tanpa diberikan perpanjangan waktu.
  4. Dilarang membawa dan/atau menggunakan perangkat komunikasi elektronik dan optik, kamera, kalkulator, dan sejenisnya ke dalam ruang ujian;
  5. Mengumpulkan tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun di bagian depan di dalam ruang kelas.
  6. Mengisi daftar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan.
  7. Masuk ke dalam (login) sistem menggunakan username dan password yang diterima dari proktor.8. Mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.
  8. Selama ujian berlangsung, hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang ujian.
  9. Selama ujian berlangsung, dilarang: (a) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun; (b) bekerja sama dengan peserta lain; (c) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal (d) memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;(3) menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
  10. Yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu ujian berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum waktu ujian berakhir.
  11. Berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda waktu ujian berakhir dan meninggalkan ruangan setelah ujian berakhir.

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *