Uji Coba Rudal Korut Bikin Geram Trump

Uji Coba Rudal Korut Bikin Geram Trump

Amerika Serikat meminta Korea Utara untuk menghentikan penggunaan senjata nuklir. Hal itu disambut dingin oleh Korea Utara, meski berjanji melakukan penghentian senjata nuklir. AS tak sepenuhnya percaya.

Soal Janji Korut Hentikan Senjata Nuklir, Menlu AS Percaya Setengah Hati

Konten.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael Pompeo mengatakan bahwa Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un telah berjanji untuk menghentikan program senjata nuklir.

Dilansir dari Bloomberg, dalam sesi wawancara dengan KRIV di Houston, Pompeo mengatakan, seluruh dunia memahami ancaman dari senjata nuklir milik pemimpim Korea Utara ini.

Ketika ditanya mengapa Pompeo akan percaya dengan janji tersebut, ia menjawab “talk is cheap” atau bicara itu mudah, yang bisa diartikan bahwa ia tidak sepenuhnya percaya dengan janji tersebut.

“Yang perlu kita lihat adalah tindakan, itulah yang kita harapkan, dan saya harap kita akan mendapatkannya (kesepakatan denuklirisasi) di bulan-bulan berikutnya,” jawab Pompeo.

Komentar tersebut dilontarkan setelah KTT terakhir yang dilakukan oleh Kim dan Trump di Hanoi berakhir lebih awal, setelah presiden AS mengatakan bahwa Kim meminta sanksi AS dicabut sebagai imbalan atas denuklirisasi.

Tetapi, dua hari kemudian, sebuah laporan berupa beberapa gambar dari Beyond Parallel, bagian dari Center of Strategic and International Studies di Washington menunjukan bahwa Korea Utara sedang membangun kembali situs uji coba rudal yang dibongkar tahun lalu di Fasilitas Peluncuran Sohae.

Trump mengatakan bahwa dirinya kecewa kepada Pemimpin Kim Jong-Un jika laporan tersebut benar.

“Saya akan sangat kecewa jika itu terjadi,” ungkapnya kepada wartawan di Gedung Putih pada 7 Maret lalu. (Rima)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan