TKD Jokowi-Ma’ruf di Jabar Akan Usung DOB

TKD Jokowi-Ma’ruf di Jabar Akan Usung DOB

Wilayah Jawa Barat dengan jumlah penduduk terbanyak hanya memiliki 27 kabupaten/kota. Jumlah itu kalah dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pemekaran jadi salah satu cara untuk mengembangkan wilayah Jawa Bara.

Jawa Barat Butuh Daerah Pemekaran

Konten.co.id (Garut) – Pemekaran wilayah Garut Selatan, Bogor Utara, dan Sukabumi Selatan dijanjikan Tim Kampanye Daerah (TKD) Capres 01, akan dibahas kembali. Apalagi wilayah Jawa Barat dengan penduduk lebih dari 40 juta hanya mempunyai 27 kabupaten/kota.

Juru Bicara TKD Jawa Barat, MQ Iswara, mengatakan daerah otonomi baru (DOB) menjadi bahasan pihaknya. Pembahasan DOB Garut Selatan, Bogor Utara, dan Sukabumi Selatan sebenarnya sudah selesai dibahas di tingkat kabupaten.

“Prinsipnya DOB ini jadi perhatian kami. Kami akan usung kembali pemekaran Garut Selatan, Bogor Utara, dan Sukabumi Selatan,” ucap Iswara kepada wartawan di Garut, Minggu (10/3/2019).

Pemprov Jabar juga telah menyetujui pemekarannya. Sekarang tinggal menunggu dari DPR RI.

“Sekarang tidak mungkin dibahas (pemekaran). Paling setelah Pemilu sangat memungkinkan,” katanya.

Salah satu langkah strategis yang akan diambil mendorong pencabutan moratorium DOB. Jika moratorium dicabut, maka pembahasan DOB bisa kembali dilakukan.

“Memang tiga daerah itu sudah sangat layak dimekarkan ditinjau dari berbagai sisi,” jelasnya.

Dari segi jumlah penduduk dan luas wilayah saja, Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar. Pemekaran, dipandang perlu untuk mengangkat kesenjangan berbagai sektor di daerah.

Pemekaran, menurut Iswara bisa memotong jauhnya rentang kendali pemerintahan dan mempercepat akses masyarakat ke pemerintah.

“Seperti Garut misalnya, wilayahnya sangat luas, kecamatan terjauh butuh lebih lima jam perjalanan ke pusat pemerintahan kabupaten,” katanya.

Iswara menuturkan, proses pemekaran Garut Selatan saat ini tinggal menunggu pengesahan dari DPR-RI. Perlu juga ada komitmen dari DPR-RI untuk mau membantu pemekaran Garut Selatan. (FW)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan