fbpx

Tiket di Traveloka Raib, AirAsia Putuskan Kerjasama

Tiket di Traveloka Raib, AirAsia Putuskan Kerjasama

Buntut dari menghilangnya opsi pencarian tiket penerbangan AirAsia di Traveloka, Maskapai ambil sikap untuk tak lagi menjalin kerjasama dengan Traveloka.

Traveloka Tak Sediakan Tiket AirAsia Lagi, Maskapai Putuskan Kerjasama

Konten.co.id – Maskapai Penerbangan Air Asia memutuskan untuk menarik secara permanen penjualan tiket seluruh rute penerbangannya dari agen perjalanan online Traveloka.

Hal tersebut menyusul tidak adanya opsi pembelian tiket pesawat Air Asia di dua situs online travel agent (OTA) Traveloka dan Tiket. com. 

“Per hari ini kami menyampaikan kami AirAsia secara grup kami men-suspend penjualan sleuruh tiket kami di Travelka, didasari atas kekecawaan kami terhadap traveloka,” kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, saat jumpa pers di sebuah restoran di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, Senin (4/3/2019).

Sementara itu, untuk tiket.com, saat ini AirAsia tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menanti penjelasan resmi terkait hilangnya tiket maskapai dengan tagline “Now Everyone Can Fly” tersebut kepada manajemen Tiket.com. 

Sebelumnya pada awal Februari lalu, tiket AirAsia sempat hilang tanpa ada penjelasan resmi. Kejadian serupa kembali berulang pada 2 Maret. Kondisi ini membuat banyak masyarakat bertanya-tanya melalui akun Instagram Traveloka. Namun, admin dari Traveloka nampaknya mengarahkan untuk membeli tiket maskapai lainnya. Hal tersebut membuat pihak AirAsia geram. 

Berdasarkan pantauan di lapangan kedua situs tersebut, Senin (4/3/2019), kedua OTA tersebut hanya tersedia dari maskapai Lion Air, Batik Air, Citilink, sampai Garuda Indonesia. Sementara untuk tiket AirAsia tidak ada. Dalam dua pekan terakhir, hal itu merupakan kali kedua, tiket penerbangan AirAsia di Traveloka menghilang.

Dendy menjelaskan, kontribusi online travel agent (OTA) dalam penjualan Tiket AirAsia memiliki kontribusi sebanyak 20%, sebagiannya melalui Traveloka.

Meski begitu, pihaknya tak ingin buru-buru menjustifikasi adanya persaingan tidak sehat atau monopoli antarmaskapai penerbangan Indonesia. Menurutnya, saat ini AirAsia masih menjalankan laku bisnisnya seperti biasa. 

“Saya tidak mau berspekulasi itu sudah ada instansi berwenang yang menyelediki, kami tidak melayani kalau berkompetisi secara tidak sehat,” katanya. 

Sebelumnya, Manajemen AirAsia Indonesia mengungkapkan terkait perkembangan industri penerbangan dalam beberapa bulan terakhir ini memicu banyak kejadian yang luar biasa. Bahkan terindikasi menuju persaingan yang tidak sehat sehingga pelanggan yang jadi korban.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Niaga AirAsia Indonesia Rifai Taberi dalam catatannya di akun Facebook pribadinya, pada Minggu 17 Februari lalu, menanggapi hilangnya pencarian tiket AirAsia di agen perjalanan daring (online travel agent), seperti Traveloka dan Tiket.com sejak pekan lalu.

Mantan Head of Ancillary AirAsia Indonesia ini juga mengatakan, penutupan kanal distribusi tiket penerbangan tidak akan bisa membunuh kompetitor. Ia pun menilai, pelarangan terhadap agen tiket online untuk menjual produk milik kompetitor bukanlah suatu solusi.

Kondisi terkini, Senin(18/2/2019), dalam statusnya di Facebook, Rifai mengatakan masalah yang sempat ramai diperbincangkan itu sudah selesai. Head of Communication AirAsia Baskoro Adiwiyono juga mengatakan, tiket AirAsia sudah tersedia kembali di OTA. (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video